KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN KINA

Artikel tentang tanaman kina ini akan menjelaskan ciri ciri kina lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman kina (klasifikasi dan deskripsi kina).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Kina

Nama lain tanaman kina adalah pohon kinine, Cinchone (Perancis), Cincona (Spanyol). Beberapa macam alkaloid dapat diekstraks dari kulitnya, salah satu yang penting adalah kinine yang merupakan obat yang digunakan untuk mencegah dan menyembuhkan malaria. Kegunaan tanaman kina (kinine) antara lain berguna untuk tonik, antiseptik, dan untuk campuran obat cuci sebagai pelindung sengatan matahari dan serangga. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi kina :


Klasifikasi Tanaman Kina

Apa klasifikasi ilmiah kina ?


Nama ilmiah kina atau nama latin kina adalah Cinchona spp. Klasifikasi tumbuhan kina adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Gentianales
FAMILI : Rubiaceae
GENUS : Cinchona L.
SPESIES : Cinchona pubescens Vahl

Tabel : klasifikasi kina


Morfologi Tanaman Kina

Apa ciri ciri morfologi kina / ciri ciri tumbuhan kina ?


Ciri khusus kina / ciri khas kina & struktur morfologi kina yaitu :

Kinine dapat diekstrak dari beberapa species Cinchona, jenis yang ekonomis adalah C. caslisaya, C. ledgeriana, C. officinalis, dan C. succirubra. C. ledgeriana paling banyak ditanam, jenis ini ditanam di daerah Jawa yang saat ini menghasilkan 90% produksi kinine dunia. Jenis-jenis kina yang komersial pada umumnya pohonnya tinggi dan daunnya berpasangan. Bunga kuning atau merah muda muncul dalam tandan di ujung cabang setelah berumur 3 — 4 tahun. Buah kapsul sepanjang 1 — 3 cm, bijinya kecil-kecil, pipih dan bersayap.

Perbanyakan tanaman terutama dengan biji, lebih dulu dikecambahkan di pesemaian. Biji tersebut memerlukan waktu 2 — 3 minggu untuk berkecambah. Tanaman ini juga dapat dicangkok atau ditanam dari stek cabang.

Kina merupakan tanaman alami di Amerika Selatan dan memerlukan curah hujan 1500 mm/th. Lahan volkanik di daerah pegunungan yang curam lebih disenangi. Tanah harus subur, dan kaya bahan organik.

Tanaman ini dapat dipanen mulai umur 10 tahun, pada saat ini kulit batang mempunyai kadar kinine tertinggi. Kulit dari pangkal batang, cabang, dan akar dikelupas dari pohon yang roboh dengan cara dipukul dengan tongkat. Kulit batang tersebut dikeringkan dari kadar air 7o% menjadi 10%.

Penyakit mati pucuk di pesemaian yang disebabkan oleh jamur daat dikontrol dengan mencampur biji/benih dengan fungisida merkuri dan menyiramnya secara hati-hati. Tanaman ini juga biasanya diserang oleh penyakit akar. Untuk mengontrolnya, buanglah pokok-pokok batang yang busuk dan tanaman yang terserang, serta gunakan semprotan dasar seperti PCNB.

Kanker cabang dapat dikontrol dengan menggunakan fungisida organik. Penyiangan gulma di bawah lingkaran tajuk harus dilakukan selama beberapa tahun pertama.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan kina secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman kina ya teman ! Baca juga ciri-ciri tanaman temu giring :)