KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN KOLA

Artikel tentang tanaman kola ini akan menjelaskan ciri ciri kola lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman kola (klasifikasi dan deskripsi kola).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Kola

Kola merupakan nama kolektif untuk biji dari empat tanaman yaitu Cola acuminata (Abata cola), C. Anomala (Bamenda kola), C verticillata (Owi kola), dan C nitida (Gbanja kola). Bijinya yang banyak mengandung zat polifenol dan alkaloida biasanya digunakan sebagai bahan penyedap minuman.

Manfaat tanaman kola lainnya adalah untuk obat kuat dan obat sakit kepala. Khasiat tanaman kola yang tidak kalah menariknya yaitu jika kita meminum air kola maka badan akan terasa sangat segar dan bisa menghilangkan gejala sesak nafas. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi kola :


Klasifikasi Tanaman Kola

Apa klasifikasi ilmiah kola ?


Nama ilmiah kola atau nama latin tanaman kola adalah Cola sp. Adapun macam-macam jenis tanaman kola antara lain :

  • Cola nitida (Vent.)
  • Cola acuminata (P. Beauv.)
  • Cola anomala K.
  • Cola verticillata (Thonn.)
  • Cola pachycarpa K.

Klasifikasi tumbuhan kola adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Malvales
FAMILI : Malvaceae
GENUS : Cola
SPESIES : Cola acuminata
SPESIES : Cola nitida
SPESIES : Cola anomala
SPESIES : Cola pachycarpa
SPESIES : Cola verticillata

Tabel : klasifikasi kola


Morfologi Tanaman Kola

Apa ciri ciri morfologi kola / ciri ciri tumbuhan kola ?


Ciri khusus kola / ciri khas kola & struktur morfologi kola yaitu :

Tinggi pohon dapat mencapai 10 – 20 meter. Morfologi batangnya bulat, keras berkayu dan bercabang dengan permukaan yang kasar. Kola mempunyai tunggang yang berwarna kecoklatan.

Daunnya berbentuk seperti mata tombak; bunganya kecil-kecil, warnanya putih atau cream, dengan tipe jantan atau biseeksual pada satu pohon. Buahnya berbentuk seperti knob berwarna hijau, mempunyai celah sempit untuk menunjukkan biji-bijinya dengan daging buah merah muda atau merah.

Kola banyak ditanam di daerah yang beriklim lembab seperti di Afrika Barat dengan curah hujan tahunan 1250 — 1750 mm. Tanah harus subur, mempunyai drainase yang baik, dan kaya bahan organik/humus.

Kola paling baik ditanam dari biji yang ditabur dalam kantong plastik. Stek batang atau cangkokan juga dapat berhasil.

Untuk budidaya tanaman kola, bibit dapat ditanam dengan jarak 7 — 9 m, bisa dilakukan dengan cara tumpang sari pada umur mudanya. Pembuahan mulai terjadi pada umur 7. Sedangkan tahun produksi penuh dicapai pada umur 20 tahun. Jangka hidup tanaman ini sekitar 70 — 100 tahun. Buah masak dipetik dan dipecah, bijinya difermentasi dan disimpan dalam kotak. Hasil biji tiap hektar dapat mencapai 500 kghingga 2000 kg.

Sedangkan untuk proteksi tanaman, gulma harus disiang seperlunya. Hama dan penyakit yang menyerang tanaman kola pada umumnya yaitu jamur Fomes lignosus &  jamur Marasmius scandens yang menyebabkan busuk putih akar. Jamus Marasmius dapat dikontrol dengan fungisida. Tanaman yang sakit harus dibuang. Hama yang penting dan serius adalah Balanogastris kolal yang melubangi masuk ke dalam biji.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan kola secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman kola ya teman ! Baca juga klasifikasi pohon pinang :)