KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN LADA

Artikel tentang tanaman lada ini akan menjelaskan ciri ciri lada lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman lada (klasifikasi dan deskripsi lada).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Lada

Lada adalah tanaman rempah-rempah yang sudah lama ditanam di Indonesia. Tanaman ini tumbuh baik di ketinggian 10 – 500 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisar antara 25oC – 26,5oC dan tersebar di daerah tropis. Tanaman lada menghendaki musim hujan yang panjang dan musim kemarau pendek.

Tanaman lada sering dimanfaatkan sebagai tanaman obat, baik secara tradisional atau modern. Khasiat lada diantaranya adalah stimulant pengeluarn keringat, peningkat nafsu makan, dan sebagai ramuan obat reumatik. Selain sebagai obat, kadang lada juga dimanfaatkan sebagai pestisida nabati. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi lada :


Klasifikasi Tanaman Lada

Apa klasifikasi ilmiah lada ?


Nama ilmiah lada atau nama latin lada hitam adalah Piper nigrum L.. Klasifikasi tumbuhan lada adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Magnolianae
ORDO : Piperales
FAMILI : Piperaceae
GENUS : Piper L
SPESIES : Piper nigrum L.

Tabel : klasifikasi lada hitam


Morfologi Tanaman Lada

Apa ciri ciri morfologi lada / ciri ciri tumbuhan lada ?


Ciri khusus lada / ciri khas lada & struktur morfologi lada yaitu :

Morfologi Batang Lada

Tanaman lada ini merupakan tanaman dimorfik, yaitu mempunyai dua macam sulur atau cabang buah. Tanaman tahunan ini bersifat memanjat dengan batang berbuku dan tingginya mencapai 10 meter.

Morfologi Akar Lada

Tanaman lada termasuk ke dalam golongan tanaman dikotil, bijinya akan tumbuh lalu membentuk akar lembaga dan selanjutnya berkembang menjadi akar tunggang. Akar lada akan terbentuk pada buku-buku ruas batang pokok dan cabang. Akar lateral dengan serabut yang tebalnya kira-kira 30 cm berada di dalam lapisan tanah bagian atas (top soil). Akar lada ini bisa masuk ke dalam tanah hingga kedalaman 1 – 2 meter.

Morfologi Daun Lada

Daun lada berbentuk bulat oval dengan bagian pucuknya meruncing. Daun lada ini merupakan daun tunggal, bertangkai dengan panjang 2 – 5 cm, dan membentuk aluran di bagian atasnya. Daun lada ini berukuran panjang 8 – 20 cm dan lebar 4 – 12 cm, berwarna hijau tua dan berurat 5 – 7 helai.

Morfologi Buah Lada

Buah lada berbentuk bulat, dan mempunyai biji yang keraas dengan kulit buah yang lunak. Kulit buah yang masih muda berwarna hijau, lalu menjadi berwarna kuning ketika suddah tua. Buah lada yang sudah masak berwarna merah, berlendir dan rasanya manis. Besar kulit dan bijinya sekitar 4 – 6 mm, sedangkan besar bijinya 3 – 4 mm. Berat per 100 biji lada rata-rata 4,5 gram. Kulit buah lada terdiri dari 3 bagian, yaitu kulit luar (epicarp), kulit tengah (mesocarp), dan kulit dalam (endocarp).


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan lada secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman lada ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi kaktus :)