KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN LEMPUYANG WANGI

Artikel tentang lempuyang wangi ini akan menjelaskan ciri ciri lempuyang wangi lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman lempuyang wangi (klasifikasi dan deskripsi lempuyang wangi).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Lempuyang Wangi

Kandungan kimia lempuyang wangi terdiri dari :

  • Minyak atsiri yang terdiri dari kamfer, bisabolen, akurkumen, zerumbon, limonen, seskuifelandren, zingiberen dan kariofilen.
  • Zat pedas seperti paradol, gingerol, zingeron, sogaol, dihidrogingerol, heksahidrokurkumin dsb.
  • Gula
  • Resin
  • Damar
  • Tanin
  • Pati

Batang muda dapat dijadikan sebagai penyedap masakan, sedangkan rhizomanya yang telah tua dapat dijadikan sebagai bahan campuran obat dan kosmetik tradisional.

Khasiat lempuyang wangi yang berasal dari rimpangnya berguna sebagai obat asma, mencegah kejang, membersihkan darah dan menambah naafsu makan. Manfaat lempuyang wangi dari sisi negatifnya yaitu dapat menurunkan tingkat kesuburan wanita dan mencegah kehamilan.

Kegunaan lempuyang wangi lainnya yaitu untuk mengobati penyakit kuning, kolera, radang sendi, malaria, anemia, cacingan dan masuk angin. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi lempuyang wangi :


Klasifikasi Tanaman Lempuyang Wangi

Apa klasifikasi ilmiah lempuyang wangi ?


Nama ilmiah lempuyang wangi atau nama latin lempuyang wangi adalah Zingiber aromaticum. Klasifikasi tumbuhan lempuyang wangi adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Zingiberales
FAMILI : Zingiberaceae
GENUS : Zingiber
SPESIES : Zingiber aromaticum

Tabel : klasifikasi lempuyang wangi


Morfologi Tanaman Lempuyang Wangi

Apa ciri ciri morfologi lempuyang wangi / ciri ciri tumbuhan lempuyang wangi ?


Ciri khusus lempuyang wangi / ciri khas lempuyang wangi & struktur morfologi lempuyang wangi yaitu :

Morfologi batangnya berupa rangkaian pelepah daun yang tersusun secara berselang seling. Daunnya tunggal dan berpelepah dengan ujung yang meruncing dan sedikit berambut di permukaan daunnya.

Tanaman ini dapat tumbuh hingga setinggi 150 cm. Rhizomenya sangat fibrous, sangat aromatik, rasanya pahit dan panas. Tandan bunga membulat dengan pucuknya meruncing. Bunganya tumbuh lateral dari rhizoma di samping batang semu.

Tanaman ini tumbuh alami di daerah dengan iklim tropis Asia. Tanaman ini banyak tumbuh liar di tempat-tempat yang basah di dataran rendah dan maupun dataran tinggi, pada umumnya tumbuh baik di bawah hutan jati.

Untuk budidaya lempuyang wangi, bibit yang ditanam adalah potongan-potongan rhizoma yang bermata tunas atau anakannya yang masih muda. Biasanya ditanam sedikit-sedikit di pekarangan dekat dapur.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan lempuyang wangi secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman lempuyang wangi ya teman ! Baca juga morfologi tanaman lempuyang gajah :)