KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN LIDAH MERTUA

Artikel tentang tanaman lidah mertua ini akan menjelaskan ciri ciri lidah mertua lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman lidah mertua (klasifikasi dan deskripsi lidah mertua).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua adalah tanaman sejenis herba yang mempunyai rimpang kuat dan tegak. Tanaman ini berasal dari daerah Afrika beriklim tropis, di bagian Nigeria Timur, lalu kemudian menyebar hingga ke Indonesia. Tanaman ini sering dijumpai di dataran rendah dengan ketinggian 1 – 1000 meter di atas permukaan laut.

Tanaman lidah mertua sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kertas dan senar pancing oleh masyarakat tradisional di Afrika. Selain itu, lidah mertua juga banyak digunakan sebagai tanaman obat yang berkhasiat menyembuhkan bisul, borok, gigitan ular berbisa dan antiseptik. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi lidah mertua :


Klasifikasi Tanaman Lidah Mertua

Apa klasifikasi ilmiah lidah mertua ?


Nama ilmiah lidah mertua atau nama latin lidah mertua adalah Sansevieria Thunb spp. Klasifikasi tumbuhan lidah mertua adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Asparagales
FAMILI : Asparagaceae
GENUS : Sansevieria Thunb.
SPESIES : Sansevieria trifasciata hort. ex Prain
SPESIES : Sansevieria ehrenbergii
SPESIES : Sansevieria hyacinthoides
SPESIES : Sansevieria cylindrica

Tabel : klasifikasi lidah mertua


Morfologi Tanaman Lidah Mertua

Apa ciri ciri morfologi lidah mertua / ciri ciri tumbuhan lidah mertua ?


Ciri khusus lidah mertua / ciri khas lidah mertua & struktur morfologi lidah mertua yaitu :

Morfologi Akar Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua terbagi menjadi dua jenis, yaitu tanaman yang tumbuh memanjang ke atas dan tanaman berdaun pendek melingkar berbentuk roset. Warna tanaman ini pun beragam, ada yang berwarna hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, dan hijau kekuningan. Lidah mertua adalah tanaman herba dengan akar rimpang yang tumbuh horizontal, berwarna merah kekuningan dan mempunyai tinggi 0,4 – 1,8 meter.

Morfologi Daun Lidah Mertua

Daun tanaman lidah mertua berbentuk garis yang menyempit pada pangkal dengan bagian ujung daun meruncing. Daun lidah mertua ini mengandung serat yang mempunyai sifat kenyal dan kuat, disebut sebagai “bowstringhemp” dan sering digunakan sebagai bahan pembuatan kain.

Daun lidah mertua tebal dan memiliki kandungan air sukulen sehingga tahan akan kekeringan. Ada motif alur atau garis-garis yang terdapat pada helai daun, motifnya ada yang mengikuti arah serat daun, tidak beraturan atau pun zig-zag.

Morfologi Bunga Lidah Mertua

Tandan bunga dari tanaman lidah mertua bertangkai panjang pada ujung akar rimpang. Berkas bunga lidah mertua berupa selaput kering dan terletak di ketiak daun pelindung. Tangkai anak bunga ini beruas dan mempunyai panjang 6 – 8 mm. Benang sarinya berjumlah 6 dan tangkai putik tanaman ini mempunyai kepala berbentuk bulat dan rata.

Bakal buah lidah mertua berbentuk telur memanjang dan memiliki 1 biji tiap ruangnya. Buahnya termasuk buah bini dan mempuyai biji sebanyak 1 – 3 buah, berbentuk bulat peluru, atau terkadang memiliki dua buah biji berbentuk bola yang memanjang dan menggantung bersama-sama pada pangkal.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan lidah mertua secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman lidah mertua ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi tanaman lengkuas :)