KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN MELATI

Artikel tentang tanaman bunga melati ini akan menjelaskan ciri ciri melati lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman melati (klasifikasi dan deskripsi melati).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Melati

Melati adalah tanaman hias yang hidup menahun dan berupa perdu. Tanaman melati disukai karena bunganya yang indah dan beraroma wangi, sehingga sering dimanfaatkan dalam industri parfum, kosmetik, pertamanan dan bahkan farmasi.

Tanaman ini cocok dibudidayakan di daerah yang cukup mendapatkan sinar matahari. Dataran yang baik untuk pertumbuhan melati adalah 10 – 1600 meter di atas permukaan laut, tetapi meskipun begitu, tiap varietas melati mempunyai daya adaptasi tersendiri terhadap lingkungan. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi melati :


Klasifikasi Tanaman Melati

Apa klasifikasi ilmiah melati ?


Nama ilmiah melati atau nama latin melati adalah Jasminum sambac. Klasifikasi tumbuhan melati adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Lamiales
FAMILI : Oleaceae
GENUS : Jasminum L.
SPESIES : Jasminum sambac (L.) Aiton

Tabel : klasifikasi melati putih


Morfologi Tanaman Melati

Apa ciri ciri morfologi melati / ciri ciri tumbuhan melati ?


Ciri khusus melati / ciri khas melati & struktur morfologi melati yaitu :

Morfologi Akar Melati

Melati adalah tanaman perdu dan termasuk dalam famili Oleaceae. Tanaman perennial (tumbuh lebih dari setahun) ini mempunyai tinggi 0,3 sampai 2 meter dan bersifat merambat. Sistem perakaran tanaman melati adalah akar tunggang dan bercabang, cabang ini menyebar ke segala arah hingga kedalaman 40 – 80 cm dari akar yang berada di permukaan tanah. Akar melati bisa memunculkan tunas atau bakal tanaman baru.

Morfologi Batang Melati

Batang melati berwarna cokelat dan berkayu dengan bentuk bulat sampai segi empat, berbuku-buku dan bercabang banyak hingga terlihat seperti merumpun. Menurut jenis batangnya, tanaman melati dapat digolongkan sebagai tanaman semak dengan tinggi kurang dari 5 meter. Batangnya sedikit berbulu halus dan jarang.

Morfologi Daun Melati

Daun melati bertangkai pendek dan helaiannya berbentuk bulat oval. Panjang daun tanaman ini kira-kira 2,5 – 10 cm dengan lebar sekitar 1,5 – 6 cm. ujung daun tanaman melati meruncing dan pangkal membulat, bagian tepi daun merata atau tidak rata dan sedikit bergelombang, pertulangan daun menyirip dan menonjol pada permukaan bagian bawah. Permukaan daun mengkilap dan berwarna hijau. Letak daun saling berhadapan pada setiap buku.

Morfologi Bunga Melati

Bunga melati berbentuk seperti terompet dengan warna yang beragam tergantung dari jenis dan spesiesnya. Biasanya, bunga melati tumbuh di ujung tanaman. Susunan mahkota bunga melati tunggal atau ganda (bertumpuk) dan mempunyai aroma wangi. Tetapi ada jenis bunga melati yang tidak mempunyai aroma wangi. Bunga melati merupakan bunga majemuk dan memiliki susunan bunga menyirip berhadapan.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan melati secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman melati ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi lidah mertua :)