KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN MERICA

Artikel tentang tanaman merica ini akan menjelaskan ciri ciri merica lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman merica (klasifikasi dan deskripsi merica).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Merica

Merica adalah tanaman rempah-rempah yang banyak diperdagangkan lebih dari 100 tahun yang lalu sampai saat sekarang ini. Merica seringkali disebut lada hitam atau sahang.

Setidaknya ada dua bahan bumbu (rempah) yang dapat diperoleh dari tanaman ini. Bijinya dikenal sebagai nutmeg (biji pala) dan kulitnya yang merah berserat pembungkus biji dikenal sebagai “mace”. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi merica :


Klasifikasi Tanaman Merica

Apa klasifikasi ilmiah merica ?


Nama ilmiah merica atau nama latin merica adalah Piper nigrum. Klasifikasi tumbuhan merica adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Magnolianae
ORDO : Piperales
FAMILI : Piperaceae
GENUS : Piper L.
SPESIES : Piper nigrum L.

Tabel : klasifikasi merica


Morfologi Tanaman Merica

Apa ciri ciri morfologi merica / ciri ciri tumbuhan merica ?


Ciri khusus merica / ciri khas merica & struktur morfologi merica yaitu :

Tanaman merica ini dapat tumbuh setinggi 10-15 meter, mempunyai batang pendek dan cabang-cabang yang menyebar. Batangnya tumbuh merambat atau menjalar di tanah. Bentuk batangnya beruas ruas sekitar 5cm. Merica mempunyai akar tunggang namun bentuknya hampir mirip seperti akar serabut.

Daunnya sepanjang 10 cm, berbentuk seperti mata tombak dan kedudukannya pada batang berseling. Bunga jantan dan betina terdapat pada tanaman yang berbeda; bunganya kuning cerah, berbentuk terompet kecil-kecil dan tumbuh sendiri atau bergerombol. Buahnya membulat dengan diameter 5-7 cm dan menjadi kuning bila telah masak. Di dalam kulit buah terdapat mace yang membungkus biji coklat

Iklim panas lembab dan tanah lempung yang solumnya tebal sangat diperlukan oleh tanaman ini. Akan tumbuh baik di daerah iklim lembab yang terlindung dekat laut dengan curah hujan 1500—2500 mm/tahun dan terlindung dari angin. Tanah harus mempunyai drainase yang baik

Untuk budidaya merica, tanaman ini ditanam dengan tiga biji tiap lubang dan model jarak tanamnya segitiga berjarak 9 m. Dua tanaman dibuang dari setiap lubang pada saat pembungaan pertama, dalam waktu 3-5 tahun tahun menghasilkan sekitar 80 % tanaman betina. Tanaman jantan yang melebihi 10 % harus dibuang dan diganti. Rabuk diberikan seperti pada tanaman cengkeh. Tanaman pala relatif bebas dari gangguan hama dan penyakit yang serius.

Pembuahan mulai terjadi pada umur 5-7 tahun kemudian. Hasil buah akan menurun setelah umur 15-20 tahun dan berlangsung terus hingga umur 50 tahun. Hasil tiap tahun 75 kg/ha mace kering dan 500 kg biji pala kering, serta 3000 kg/ha buah segar. Daging buah dapat digunakan untuk membuat campuran minuman manis dan minyak dapat diekstrak dari buah.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan merica secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman merica ya teman ! Baca juga ciri-ciri tumbuhan serai :)