KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN OKRA

Artikel tentang tanaman okra ini akan menjelaskan ciri ciri okra lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman okra (klasifikasi dan deskripsi okra).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Okra

Tanaman okra adalah tanaman sayur sayuran yang termasuk dalam anggota famili kapas kapasan dan berjenis tanaman semak. Tanaman okra banyak dibudidayakan di negara Afrika bagian barat seperti Sudan dan Ethopia. Tanaman ini dimanfaatkan buahnya untuk diolah menjadi sayur.

Buah okra mengandung banyak lendir jika direbus. Selain dimanfaatkan buahnya, biji dari buah okra yan sudah tua juga memiliki kandungan minyak dan protein yang bagus. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi okra :


Klasifikasi Tanaman Okra

Apa klasifikasi ilmiah okra ?


Nama ilmiah okra atau nama latin okra adalah Abelmoschus esculentus. Klasifikasi tumbuhan okra adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Malvales
FAMILI : Malvaceae
GENUS : Abelmoschus Medik.
SPESIES : Abelmoschus esculentus (L.) Moench

Tabel : klasifikasi okra


Morfologi Tanaman Okra

Apa ciri ciri morfologi okra / ciri ciri tumbuhan okra ?


Ciri khusus okra / ciri khas okra & struktur morfologi okra yaitu :

Morfologi Batang Okra

Tanaman okra termasuk dalam genus Hibiscus dari famili kapas kapasan (Malvaceae). Batang okra berwarna hijau kemerahan dan dan bercabang sedikit. Tanaman okra mempunyai batang yang lunak dan bisa tumbuh mencapai tinggi sekitar 1 sampai 2 meter.

Tanaman okra bercabang tetapi tidak terlalu banyak, dan memiliki bulu bulu yang halus sampai kasar. Batang tanaman okra berdiri tegak ke atas.

Morfologi Daun Okra

Tanaman okra mempunyai daun yang lebar dan bercanggap menjari. Tangkai daun okra panjang dan berukuran sekitar 10 sampai 25 cm, daun okra berbentuk lima jari dan pertulangan daunnya menyirip.

Morfologi Bunga Okra

Tanaman okra mempunyai bunga yang berbentuk seperti terompet dan berwarna kekuningan, bagian bawahnya berwarna merah tua. Tanaman okra ini termasuk tanaman berumah satu, yaitu di setiap bunga okra terdapat putik dan benang sari. Bunga tanaman okra muncul pada ketiak daun.

Morfologi Buah Okra

Tanaman okra mempunyai buah yang berbentuk silindris memanjang, berongga dan berwarna hijau muda, hijau tua atau hijau kekuningan, tergantung dari jenis varietasnya.

Bentuk buah okra ini seperti cabai hijau besar dengan panjangnya sekitar 15 sampai 20 cm. Keliling buah okra berlekuk dan memiliki bulu bulu yang halus. Jika buah okra dipotong maka akan terlihat biji bijinya yang berukuran kecil.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan okra secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman okra ya teman ! Baca juga klasifikasi bunga jepun :)