KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN OYONG

Artikel tentang tanaman oyong ini akan menjelaskan ciri ciri oyong lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman oyong (klasifikasi dan deskripsi oyong).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Oyong

Tanaman oyong atau gambas adalah tanaman sayuran dari suku labu-labuan (Cucurbitaceae). Tanaman oyong ini berasal dari India, dan sekarang telah beradaptasi dengan baik di daerah Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Tanaman oyong diambil buahnya untuk diolah sebagai sayuran. Tetapi petani biasanya memanen buah oyong saat masih muda. Karena jika sudah tua, buah oyong akan semakin mengering dan tidak enak dimakan. Buah oyong yang sudah tua biasanya dimanfaatkan sebagai sabut pencuci, bahan penyaring kasar, dan peredam karena buah oyong tua akan membentuk serat. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi oyong :


Klasifikasi Tanaman Oyong

Apa klasifikasi ilmiah oyong ?


Nama ilmiah oyong atau nama latin oyong adalah Luffa acutangula (L.) Roxb. Klasifikasi tumbuhan oyong adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Cucurbitales
FAMILI : Cucurbitaceae
GENUS : Luffa Mill.
SPESIES : Luffa acutangula (L.) Roxb.

Tabel : klasifikasi oyong


Morfologi Tanaman Oyong

Apa ciri ciri morfologi oyong / ciri ciri tumbuhan oyong ?


Ciri khusus oyong / ciri khas oyong & struktur morfologi oyong yaitu :

Morfologi Batang Oyong

Tanaman oyong adalah tanaman sayuran yang bersifat merambat atau menjalar. Batang oyong mengandung air dan lunak serta panjang. Batang oyong bersudut empat atau lima dengan sulurnya bercabang-cabang.

Morfologi Daun Oyong

Daun tanaman oyong mempunyai tekstur permukaan yang mirip seperti daun mentimun, yaitu kasar. Tetapi daun oyong lebih besar dan sudutnya lebih banyak. Cuping daun oyong lebih beragam.

Morfologi Bunga Oyong

Bunga tanaman oyong mempunyai bunga yang berkelamin tunggal dan termasuk golongan tumbuhan monokotil. Bakal bunganya berbentuk bundar memanjang di bawah mahkota bunga. Mahkota bunga oyong berbentuk seperti bintang yang berwarna kuning atau putih kekuningan.

Bunga jantan oyong berjumlah 5 sampai 10 kuntum, bergerombol dalam tandan dan ketiak daun. Kemudian bunga betinanya tumbuh tunggal dan muncul pada ketiak daun yang sama. Tanaman oyong berbunga di sore hari. Bijinya banyak, berbentuk pipih, berwarna putih kekuningan, dan terdapat dalam ruang buah.

Morfologi Buah Oyong

Tanaman oyong adalah tanaman yang berbulu dan merambat. Tanaman ini mempunyai buah yang berbentuk bulat memanjang dan seperti belimbing. Panjang buah oyong sekitar 15 sampai 30 cm dengan diameter 2 – 4 cm. Buah ini mempunyao rusuk-rusuk yang tampak jelas dan semakin ke pangkalnya semakin mengecil.

Buah tanaman oyong yang masih muda bisa untuk dimakan. Umumnya buah ini dijadikan sebagai sayuran. Biji oyong berjumlah banyak dan berbentuk pipih, warnanya putih kekuningan dan terletak di ruang buah.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan oyong secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman oyong ya teman ! Baca juga klasifikasi tanaman okra :)