KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN PALA

Artikel tentang tanaman pala ini akan menjelaskan ciri ciri pala lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman pala (klasifikasi dan deskripsi pala).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Pala

Tanaman pala adalah tanaman pohon yang berasal dari kepulauan di Maluku. Tanaman pala mempunyai nilai ekonomis sebagai rempah rempah, yaitu buah dan bijinya yang menjadi komoditi perdagangan penting sejak dulu.

Tanaman pala dipanen biji dan daging buahnya. Biji pala mengandung minyak atsiri sekitar 7 sampai 14%. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi pala :


Klasifikasi Tanaman Pala

Apa klasifikasi ilmiah pala ?


Nama ilmiah pala atau nama latin pala adalah Myristica fragrans Houtt. Klasifikasi tumbuhan pala adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Magnolianae
ORDO : Magnoliales
FAMILI : Myristicaceae
GENUS : Myristica Gronov
SPESIES : Myristica fragrans Houtt

Tabel : klasifikasi pala


Morfologi Tanaman Pala

Apa ciri ciri morfologi pala / ciri ciri tumbuhan pala ?


Ciri khusus pala / ciri khas pala & struktur morfologi pala yaitu :

Morfologi Batang Pala

Tanaman pala memiliki bentuk pohon yang indah. Dengan tinggi mencapai 10 sampai 20 meter menjulang tinggi ke atas dan ke pinggir, pohon ini terlihat menarik dan banyak orang yang menyukainya. Mahkota pohon berbentuk silindris dan bulat serta meruncing dengan percabangannya yang teratur.

Morfologi Daun Pala

Tanaman pala memiliki daun yang berbentuk elips dan langsing, serta berwarna hijau mengkilap dan gelap. Panjang daunnya yaitu sekitar 5 sampai 15 cm dengan lebar 3 hingga 7 cm dan panjang tangka daun 0,4 – 1,5 cm.

Morfologi Bunga Pala

Tanaman pala adalah tanaman berumah dua, yaitu bunga jantan dan bunga betina terdapat pada pohon yang berbeda. Bunnga pala muncul dari ujung cabang dan ranting. Bunga betina mempunyai kelopak dan mahkota meskipun tidak berkembang sempurna. Warna bunganya yaitu kuning, diameternya kurang lebih 2,5 mm serta panjangnya sekitar 3 mm.

Mahkota bunga betina bersatu, kelopak berukuran kecil, kemudian di dalam mahkota tersebut terdapat pistil yang bersatu dengan calon bunga. Bentuk bunga jantan sedikit berbeda dengan bunga betina. Mahkota bunga jantan bersatu dari pangkal dan lalu terbagi menjadi 3 bagian. Kelopaknya tidak berkembang sempurna, berbentuk menyerupai cincin yang melingkar pada bagian pangkal mahkota.

Morfologi Buah dan Biji Pala

Tanaman pala memiliki buah yang berbentuk bulat sampai lonjong dengan diameter sekitar 3 sampai 9 cm. buah ini berwarna hijau kekuningan dan akan terbelah menjadi dua jika sudah masak. Daging buah pala tebal dan rasanya asam.

Biji pala berbentuk bulat atau lonjong dengan panjang 1,5 sampai 4,5 cm dan lebar 1 sampai 2,5 cm. Biji ini berwarna cokelat dan mengkilap di bagian luarnya.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan pala secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman pala ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi oyong :)