KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN PURING

Artikel tentang tanaman puring ini akan menjelaskan ciri ciri puring lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman puring (klasifikasi dan deskripsi puring).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Puring

Tanaman puring adalah tanaman hias yang populer digunakan di pekarangan rumah. Tanaman ini digemerai karena bentuk dan warna daunnya yang menarik dan bervariasi.

Tanaman puring berasal dari kepulauan Indonesia dan sekarang telah menyebar ke daerah beriklim tropis dan sub tropis. Banyak varietas varietas tanaman puring telah dikembangkan dengan variasi warna mulai dari hijau, kuning, jingga, merah, ungu dan campuran warna tersebut. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi puring :


Klasifikasi Tanaman Puring

Apa klasifikasi ilmiah puring ?


Nama ilmiah puring atau nama latin puring adalah Codiaeum variegatum (L.) Rumph. Klasifikasi tumbuhan puring adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Malpighiales
FAMILI : Euphorbiaceae
GENUS : Codiaeum Juss
SPESIES : Codiaeum variegatum (L.) Rumph

Tabel : klasifikasi puring


Morfologi Tanaman Puring

Apa ciri ciri morfologi puring / ciri ciri tumbuhan puring ?


Ciri khusus puring / ciri khas puring & struktur morfologi puring yaitu :

Morfologi Akar dan Batang Puring

Akar tanaman puring adalah akar tunggang dan berwarna kuning muda. Tanaman puring merupakan tanaman semak atau pohon kecil yang tingginya bisa mencapai 4 meter. Batang puring berbentuk bulat, berkayu, keras dan bercabang banyak serta berwarna cokelat kehijauan.

Morfologi Daun Puring

Daun puring memiliki bentuk yang bermacam-macam, mulai dari bulat oval, lonjong, jorong, atau pita. Bentuk tepi daun puring juga bervariasi, ada yang merata, bergelombang atau terpilin. Ujung daun puring ada yang runcing atau tumpul. Daun puring tersusun selang seling atau berhadap hadapan dan duduk di ruas batang utama.

Warna puring juga bermacam-macam, ada yang berwarna hijau tua, atau kombinasi hijau, cokelat, merah dan kuning. Terdapat corak yang berbentuk bintik bintik, garis garis atau belang belang pada daun. Daun dan tangkai puring mempunyai getah yang berwarna putih transparan.

Morfologi Bunga Puring

Tanaman puring adalah tanaman berumah, yaitu bunga jantan dan bunga betina terpisah pada tandan yang berbeda. Bunga puring adalah bunga telanjang, benang sarinya berjumlah banyak dan tersusun berangkai pada satu tangkai bunga. Bunga jantan puring terkumpul dalam kelompok.

Tangkai bunga halus dan berukuran panjang, daun kelopak berjumlah lima dan melekat pada pangkalnya. Daun mahkota sangat kecil, kelopak berlekuk lima, tangkai putik melekat di bawah dan bunga betina berdiri sendiri di sumbu tandan.

Morfologi Buah dan Biji Puring

Buah puring berbentuk bulat dengan diameter 2 mm dan berwarna kehijauan. Bijinya berukuran kecil seperti pasir dan berwarna cokelat. Biji ini berbentuk bulat dan terdapat di dalam buah.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan puring secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman puring ya teman ! Baca juga klasifikasi palem ekor tupai :)