KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN RAMI

Artikel tentang tanaman rami ini akan menjelaskan ciri ciri serat rami lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman rami (klasifikasi dan deskripsi rami).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Rami

Tanaman rami atau dalam Bahasa Sunda disebut ‘haramay’adalah tanaman berumur tahunan yang berbentuk rumpun. Tanaman yang menyukai iklim tropis ini termasuk jenis tanaman berdaun gatal dari famili Urticaceae.

Tanaman rami tahan terhadap hama penyakit dan dapat mendukung kelestarian alam. Tanaman rami ini termasuk tanaman yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan sering dimanfaatkan serat alam nabatinya dari kulit kayu.

Ada dua kelompok tanaman rami yang banyak dibudidayakan dan diperdagangkan, yaitu rami hijau dan rami putih. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi rami :


Klasifikasi Tanaman Rami

Apa klasifikasi ilmiah rami ?


Nama ilmiah rami atau nama latin rami adalah Boehmeria nivea. Klasifikasi tumbuhan rami adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Rosales
FAMILI : Urticaceae
GENUS : Boehmeria Jacq.
SPESIES : Boehmeria nivea (L.) Gaudich

Tabel : klasifikasi rami


Morfologi Tanaman Rami

Apa ciri ciri morfologi rami / ciri ciri tumbuhan rami ?


Ciri khusus rami / ciri khas rami & struktur morfologi rami yaitu :

Morfologi Akar Rami

Tanaman rami mempunyai akar tunggang yang tumbuh ke pusat bumi dan bisa tumbuh hingga kedalaman mencapai 25 cm atau lebih. Kemudian tanaman rami memiliki akar cabang dan akar rambut yang tumbuh dan berkembang secara horizontal di kedalaman 10 sampai 20 cm dan berfungsi untuk menyerap unsur hara.

Morfologi Batang Rami

Tanaman rami adalah tanaman semak yang berumpun banyak. Batang tanaman rami berwarna hijau muda sampai tua dan tumbuh mencapai ketinggian 2 sampai 3 meter dengan diameter batang sekitar 8 hingga 20 mm.

Batang rami umumnya akan membentuk cabang jika sebagian batang terpotong atau terpangkas. Batang rami memiliki bulu bulu yang halus hingga kasar. Batang muda rami berongga dan akan bergabus jika sudah menjadi tua.

Morfologi Daun Rami

Tanaman rami mempunyai daun yang berbentuk seperti jantung. Bagian tepi atau sisi daunnya bergerigi halus. Panjang daun rami berukuran sekitar 8 sampai 20 cm dengan lebar 5 hingga 15 cm dan Nampak berkerut. Daun tanaman rami ada yang berdaun lebar dan ada yang berdaun sempit, tergantung tempat tumbuh dan kesuburan tanah.

Morfologi Bunga Rami

Tanaman rami mempunyai bunga yang tergolong majemuk. Bunga tanaman rami terikat berkelompok membentuk karangan bunga di sela sela daun, pada bagian bawah buku buku batang.

Bunga tanaman rami berwarna putih kehijauan, ada juga yang berwarna hijau kekuningan ketika masih muda dan menjadi cokelat setelah tua. Biji rami bentuknya sangat kecil.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan rami secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman rami ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi puring :)