KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN SAGU

Artikel tentang tanaman sagu ini akan menjelaskan ciri ciri pohom sagu lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman sagu (klasifikasi dan deskripsi sagu).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Sagu

Sagu adalah makanan pokok bagi masyarakat Maluku dan Papua yang dikonsumsi dalam bentuk semacam bubur. Tanaman sagu adalah tanaman berjenis palem yang mati setelah berbunga. Tanaman sagu sering diolah menjadi tepung dan merupakan sumber karbohidrat selain nasi (tanaman padi). Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi sagu :


Klasifikasi Tanaman Sagu

Apa klasifikasi ilmiah sagu ?


Nama ilmiah sagu atau nama latin sagu adalah Metroxylon sagu Rottb. Klasifikasi tumbuhan sagu adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Arecales
FAMILI : Arecaceae
GENUS : Metroxylon Rottb
SPESIES : Metroxylon sagu Rottb

Tabel : klasifikasi sagu


Morfologi Tanaman Sagu

Apa ciri ciri morfologi sagu / ciri ciri tumbuhan sagu ?


Ciri khusus sagu / ciri khas sagu & struktur morfologi sagu yaitu :

Morfologi Batang Sagu

Tanaman sagu mempunyai bentuk batang silinder yang tumbuh mencapai tinggi sekitar 10 sampai 15 meter. Diameter batangnya sendiri kira kira 10 sampai 15 meter. Batang sagu merupakan komponen terpenting karena di organ inilah karbohidrat dan cadangan makanan disimpan.

Biasanya, diameter batang sagu bagian bawah sedikit lebih besar dari pada batang bagian atas, dan biasanya batang bagian bawah mengandung pati lebih banyak dari pada bagian atas. Tanaman sagu mempunyai akar yang berjenis akar serabut.

Morfologi Daun Sagu

Pohon sagu mempunyai daun yang berbentuk memanjang dan agak lebar. Daun sagu ini mirip seperti daun kelapa yang mana mempunyai pelepah serupa daun pinang. Pelepah daun tersusun berlapis-lapis, lalu akan terlepas setelah dewasa dan melekat sendiri sendiri di ruas batang.

Tanaman sagu dewasa memiliki sekitar 18 tangkai daun yang panjangnya 5 sampai 7 meter, dan di setiap tangkai ini terdapat sekitar 50 pasang daun yang ukurannya bervariasi antara panjang 60 sampai 180 cm dan lebarnya sekitar 5 cm.

Tangkai daun yang sudah tua akan lepas dari batang. daun sagu muda berwarna hijau muda, lalu perlahan berubah menjadi hijau tua dan kemudian berubah lagi menjadi coklat kemerahan jika sudah matang dan tua.

Morfologi Bunga dan Buah Sagu

Tanaman sagu mempunyai bunga majemuk yang muncul dari ujung atau pucuk batang sagu. Bunga sagu berwarna merah kecoklatan, tersusun dalam manggar secara rapat dan bercabang banyak. pada cabang ini terdapat sepasang bunga jantan bnga betina.

Tanaman sagu berbunga dan berbuah ketika berumur antara 10 sampai 15 tahun tergantung jenisnya dan setelah itu tanaman akan mati. Berbunganya tanaman sagu ditandai dengan munculnya daun bendera.

Tanaman sagu akan membentuk buah jika tidak ditebang. Buah sagu berbentuk bulat dan berukuran kecil serta berwarna coklat kekuningan. Buah ini bersisik dan tersusun pada tandan. Dibutuhkan waktu sekitar dua tahun agar bunga membentuk buah.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan sagu secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman sagu ya teman ! Baca juga klasifikasi dan deskripsi rumput jarum :)