KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN VANILI

Artikel tentang tanaman vanili ini akan menjelaskan ciri ciri vanili lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman vanili (klasifikasi dan deskripsi vanili).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Vanili

Tanaman vanili adalah tanaman perkebunan yang bernilai ekonomi tinggi dan berumur tahunan. Tanaman ini biasanya diekstrak buahnya sebagai bahan pengharum makanan dan minuman karena aroma buah vanili yang khas. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi vanili :


Klasifikasi Tanaman Vanili

Apa klasifikasi ilmiah vanili ?


Nama ilmiah vanili atau nama latin vanili adalah Vanilla planifolia. Klasifikasi tumbuhan vanili adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Asparagales
FAMILI : Orchidaceae
GENUS : Vanilla Mill
SPESIES : Vanilla planifolia Jacks. ex Andrews

Tabel : klasifikasi vanili (vanilla planifolia)


Morfologi Tanaman Vanili

Apa ciri ciri morfologi vanili / ciri ciri tumbuhan vanili ?


Ciri khusus vanili / ciri khas vanili & struktur morfologi vanili yaitu :

Morfologi Akar Vanili

Tanaman vanili mempunyai dua jenis akar, yaitu akar yang keluar dari setiap ruas batang, atau biasa disebut akar gantung, dan akar yang tersusun di dalam tanah. Akar tanaman vanili tidak mempunyai akar tunggang karena vanili adalah tanaman monokotil.

Akar gantung vanili tumbuh ke samping atau horizontal, dan ketika menyentuh benda atau tanaman lainnya, ia akan membelitkan diri dan bercengkraman.

Kemudian, akar yang tersusun dalam tanah, yaitu perakaran pendek yang panjangnya sekitar 1 meter dan tebalnya kira kira 3 mm. Akar jenis ini berwarna keputih-putihan dan memiliki bulu bulu akar yang merupakan akar serabut. Akar akar tersebut tumbuhnya menjalar di permukaan tanah, tidak masuk ke dalam tanah.

Morfologi Batang Vanili

Batang vanili berbentuk silinder yang beruas ruas dan berbuku dengan panjang ruas bisa 5 sampai 15 cm. Batang vanili gemuk, bersifat sukulen atau berair, agak lunak, berwarna hijau dan berdiameter 1 sampai 2 cm. Batang vanili dapat tumbuh dengan panjang dan jika pucuk batang pokok terputus atau dipangkas, maka cabang baru akan terbentuk.

Morfologi Daun Vanili

Daun tanaman vanili adalah daun tunggal, pipih, berdaging dan berbentuk elips hingga lanset. Ujung daun vanili lancip dan pangkalnya agak bulat. Warna daun vanili yaitu hijau tua dengan panjang sekitar 10 sampai 20 cm dan lebar 5 hingga 7 cm.

Tulang daun tidak terlihat jelas saat masih muda, dan akan tampak jelas saat daun menguning atau pada saat daun telah tua. Daun vanili tumbuhnya selang seling pada batang dengan susunan tulang daun sejajar.

Morfologi Bunga Vanili

Bunga vanili berbentuk seperti terompet dan berwarna putih kehijau-hijauan. Bunga ini muncu dari ketiak daun di bagian atas batang. Setiap kuntum bunga terdiri dari 6 helai daun tajuk. Bakal buah beruang tiga dan terletak di bawah dasar bunga.

Bunga vanili tersusun dalam rangkaian bunga yang berbentuk tandan dan terdiri dari 15 – 20 kuntum bunga per tangkai. Panjang tangkainya sendiri sekitar 5 sampai 10 cm dan panjang bunga 3 hingga 5 cm. Setiap batang bisa mengeluarkan 5 tandan bunga atau bahkan bisa lebih.

Morfologi Buah Vanili

Buah vanili termasuk jenis buah polong yang lunak dan berdaging. Buah ini terdapat garis garis, bersiku tiga dan lurus memanjang. Buah vanili jika masih muda berwarna hijau dan akan berwarna kuning lalu menjadi cokelat tua lambat laun.

Jika sudah matang, buah vanili akan terbelah 2 bagian dan mengeluarkan bau khas vanili. Di dalam buah vanili terdapat biji biji kecil berwarna hitam kecokelatan yang berjumlah sangat banyak serta kulitnya agak keras.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan vanili secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman vanili ya teman ! Baca juga klasifikasi gulma urang aring :)