KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN YODIUM

Artikel tentang pohon yodium ini akan menjelaskan ciri ciri yodium lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman yodium (klasifikasi dan deskripsi yodium).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Yodium

Tanaman yodium adalah tanaman yang digunakan sebagai obat obatan karena tanaman ini berkhasiat mengobati luka. Tanaman ini memiliki bermacam macam sebutan, orang Jawa menyebut tanaman yodium ini jarak cina atau jarak tintir, sedangkan di ternate, masyarakatnya memanggilnya dengan sebutan balacai batai.

Cara menggunakan tanaman ini adalah dengan mengoleskan getahnya pada luka. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi yodium :


Klasifikasi Tanaman Yodium

Apa klasifikasi ilmiah yodium ?


Nama ilmiah yodium atau nama latin yodium adalah Jatropha multifida L. Klasifikasi tumbuhan yodium adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Malpighiales
FAMILI : Euphorbiaceae
GENUS : Jatropha L.
SPESIES : Jatropha multifida L.

Tabel : klasifikasi yodium


Morfologi Tanaman Yodium

Apa ciri ciri morfologi yodium / ciri ciri tumbuhan yodium ?


Ciri khusus yodium / ciri khas yodium & struktur morfologi yodium yaitu :

Morfologi Akar Yodium

Tanaman yodium adalah tanaman berumur tahunan dan termasuk jenis tanaman semak. Tanaman yodium ini memiliki sistem perakaran akar tunggang dan bisa tumbuh tinggi mencapai kira kira 2 meter.

Morfologi Batang Yodium

Tanaman yodium mempunyai batang yang berbentuk bulat dan berkayu serta pangkal batang yodium membesar. Seluruh bagian tanaman ini memiliki getah dan bagian batang memiliki bekas dari batang daun yang telah gugur dan terlihat jelas. Batang yodium ini berwarna hijau ketika muda dan berwarna putih kehijauan setelah tua.

Morfologi Daun Yodium

Tanaman yodium mempunyai daun yang tunggal dan berwarna hijau. Letak daun yodium ini tersebar di seluruh batang. Daun tanaman yodium mempunyai bentuk seperti hati dengan ujungnya runcing dan pangkalnya membulat.

Panjang daun ini sekitar 15 sampai 20 cm dan lebar 2,5 hingga 4 cm. Tanaman yodium ini memiliki pertulangan daun yang menjari dan bagian tepi daun merata.

Morfologi Bunga Yodium

Tanaman yodium mempunyai bunga majemuk yang berbentuk malai. Bunga ini memiliki tangkai dan muncul di bagian ujung cabang tanaman. Panjang tangkai bunga sendiri yaitu sekitar 1,5 cm. Batang bunga yodium berwarna hijau dan berwarna coklat jika sudah tua, sedangkan bunganya berwarna merah.

Benang sari bunga berjumlah delapan dan kepala sari berbentuk seperti tapak kuda yang disertai putik bunga berjumlah tiga dan memiliki ukuran pendek. Tanaman yodium mempunyai biji yang berbentuk bulat. Biji yodium ini berwarna putih ketika muda dan setelah tua, biji berubah warna menjadi coklat. Buah tanaman yodium sendiri berbentuk bulat oval atau elips dengan diameter sekitar 2 sampai 4 cm.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan yodium secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman yodium ya teman ! Baca juga klasifikasi tumbuhan waru :)