KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TAPAK DARA

Artikel tentang bunga tapak dara ini akan menjelaskan ciri ciri tapak dara lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman tapak dara (klasifikasi dan deskripsi tapak dara).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Tapak Dara

Tanaman tapak dara adalah tanaman perdu tahunan yang berasal dari daerah Madagaskar dan telah menyebar ke berbagai daerah tropis lainnya. Di Indonesia, tanaman hias pekarangan ini dikenal dengan berbagai macam nama seperti kembang tembaga (Sunda), sindapor (Sulawesi), dan kembang tapak dara (Jawa).

Orang Malaysia mengenal tanaman ini dengan nama kemunting cina atau pokok kembang sari cina, di Cina dikenal sebagai chang chun hua, dan di Inggris disebut ‘rose periwinkle’. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi tapak dara :


Klasifikasi Tanaman Tapak Dara

Apa klasifikasi ilmiah tapak dara ?


Nama ilmiah tapak dara atau nama latin tapak dara adalah Catharanthus roseus (L.) G. Don. Klasifikasi tumbuhan tapak dara adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Gentianales
FAMILI : Apocynaceae
GENUS : Catharanthus G. Don
SPESIES : Catharanthus roseus (L.) G. Don

Tabel : klasifikasi tapak dara


Morfologi Tanaman Tapak Dara

Apa ciri ciri morfologi tapak dara / ciri ciri tumbuhan tapak dara ?


Ciri khusus tapak dara / ciri khas tapak dara & struktur morfologi tapak dara yaitu :

Morfologi Akar Tapak Dara

Tanaman tapak dara merupakan tanaman perdu yang tumbuh mencapai ketinggian 1 meter. Tanaman ini memiliki sistem perakaran serabut dan berwarna kecokelatan.

Morfologi Batang Tapak Dara

Batang tanaman tapak dara berbentuk bulat dan bagian pangkalnya berkayu. Permukaan batang tapak dara rata, arah tumbuh batang condong dan pola percabangannya yaitu simpodial.

Morfologi Daun Tapak Dara

Daun tanaman tapak dara adalah daun tunggal, agak tebal, bertangkai pendek dan letaknya berhadapan bersilang. Helai daun berbentuk elips, bagian ujung daun meruncing, pangkal daun meruncing, tepi daun merata, pertulangan daun menyirip, kedua permukaan daun mengkilap dan memiliki rambut halus.

Daun tunggal, agak tebal, bertangkai pendek, berhadapan bersilang. Panjang daun tapak dara sekitar 2 – 6 cm dengan lebar 1 -3 cm.

Morfologi Bunga Tapak Dara

Perbungaan tanaman tapak dara adalah bunga majemuk. Bunga keluar dari ketiak daun dan ujung tangkai dengan 5 helai mahkota bunga berbentuk layaknya terompet. Warna bunga tapak dara ada yang merah muda, atau putih dengan bercak merah di tengahnya. Bunga tapak dara termasuk bunga biseksual.

Simetris bunga ini adalah actinomorph. Buah tanaman tapak dara termasuk buah bumbung menggantung yang berbulu dengan berisi biji yang berwarna hitam. Bunga dara dikembangbiakkan dengan cara menanam bijinya, setek akar dan setek batang.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan tapak dara secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman tapak dara ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi sirih :)