KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TEMBAKAU

Artikel tentang tanaman tembakau ini akan menjelaskan ciri ciri tembakau lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman tembakau (klasifikasi dan deskripsi tembakau).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Tembakau

Tembakau adalah tanaman yang berasal dari Amerika Utara dan Amerika Selatan. Tanaman ini sering digunakan sebagai bahan baku rokok. Tembakau mengandung zat alkaloid nikotin, sejenis racun saraf yang sangat ampuh jika digunakan sebagai bahan insektisida. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi tembakau :


Klasifikasi Tanaman Tembakau

Apa klasifikasi ilmiah tembakau ?


Nama ilmiah tembakau atau nama latin tembakau adalah Nicotiana tabacum L. Klasifikasi tumbuhan tembakau adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Solanales
FAMILI : Solanaceae
GENUS : Nicotiana L.
SPESIES : Nicotiana tabacum L.

Tabel : klasifikasi tembakau


Morfologi Tanaman Tembakau

Apa ciri ciri morfologi tembakau / ciri ciri tumbuhan tembakau ?


Ciri khusus tembakau / ciri khas tembakau & struktur morfologi tembakau yaitu :

Morfologi Akar Tembakau

Tanaman tembakau adalah tanaman yang berakar tunggang dan tumbuh tegak ke pusat bumi. Akar tunggang tembakau ini mampu menembus tanah hingga kedalaman 50 – 70 cm, sedangkan akar serabutnya tumbuh secara horizontal.

Morfologi Batang Tembakau

Tanaman tembakau mempunyai bentuk batang yang agak bulat, agak lunak tetapi kuat dan makin ke ujung batang makin mengecil. Ruas-ruas batang tembakau pada dasarnya akan mengalami penebalan di bagian yang ditumbuhi daun dan di bagian batang yang bercabang.

Di setiap ruas batang yang selain ditumbuhi daun, ditumbuhi juga tunas ketiak daun. Diameter batang berukuran sekitar 5 cm.

Morfologi Daun Tembakau

Daun tembakau berbentuk bulat lonjong atau bulat tergantung dari varietasnya. Daun yang berbentuk bulat lonjong, bagian ujungnya meruncing, sedangkan daun berbentuk bulat menumpul. Pertulangan daunnya menyirip dan bagian tepi daun agak bergelombang serta licin.

Jumlah daun pada satu tanaman berkisar 28 – 32 helai. Daun tembakau adalah daun tunggal dengan lebar daun 2 – 30 cm dan panjang tangkai 1 -2 cm. warna daun hijau keputih-putihan.

Morfologi Bunga Tembakau

Bunga tembakau adalah bunga majemuk yang tersusun dari beberapa tandan, dan masing-masing tandan berisi sampai 15 bunga. Bunganya berbentuk menyerupai terompet yang panjang, dan warnanya merah jambu sampai merah tua pada bagian atas. Bunga tembakau berbentuk malai.

Kelopak bunga berlekuk dan mempunyai lima buah pancung. Satu bunga tembakau pada umumnya memiliki lima benang sari yang melekat di mahkota. Bakal buahnya mempunyai dua ruang yang membesar dan terletak di atas dasar bunga. Kepala putik terletak di tabung bunga, berdekatan dengan benang sari, tinggi benang sari dan putik hampir sama.

Morfologi Buah & Biji Tembakau

Tembakau mempunyai bakal buah yang terletak di atas dasar bunga dan terdiri dari dua ruang, tiap-tiap ruang berisi bakal biji yang banyak. Penyerbukan pada bakal buah akan membentuk buah. Kemudian sekitar 3 minggu setelah masa penyerbukan, buah tembakau akan masak / matang. Dalam satu tanaman tembakau, terdapat sekitar 300 buah.

Buah tembakau ini bentuknya bulat lonjong dan berukuran kecil, di dalam buahnya terdapat biji yang bobotnya sangat ringan. Jumlah biji yang dihasilkan pada tiap-tiap tanaman tembakau sekitar 25 gram.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan tembakau secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman tembakau ya teman ! Baca juga klasifikasi dan deskripsi tapak dara :)