KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TEMPUYUNG

Artikel tentang tanaman daun tempuyung ini akan menjelaskan ciri ciri daun tempuyung lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman tempuyung (klasifikasi dan deskripsi tempuyung).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Tempuyung

Tanaman tempuyung adalah tanaman terna berumur tahunan yang biasanya tumbuh liar di tempat terbuka dan menyukai tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Tanaman tempuyung banyak ditemukan di daerah yang curah hujannya tinggi.

Tanaman ini bisa dimanfaatkan semua organ tanamannya, tetapi bagian yang sering digunakan adalah batang muda dan bagian daun. Batang muda atau daun tempuyung sering dikonsumsi sebagai lalapan, meskipun rasanya pahit dan dingin. Daun tempuyung kecil disebut lempung, sedangkan daun besar disebut ravana. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi tempuyung :


Klasifikasi Tanaman Tempuyung

Apa klasifikasi ilmiah tempuyung ?


Nama ilmiah tempuyung atau nama latin tempuyung adalah Sonchus arvensis L. Klasifikasi tumbuhan tempuyung adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Asterales
FAMILI : Asteraceae
GENUS : Sonchus L
SPESIES : Sonchus arvensis L
SUB SPESIES : Sonchus arvensis ssp. uliginosus
SUB SPESIES : Sonchus arvensis ssp. arvensis L

Tabel : klasifikasi tempuyung


Morfologi Tanaman Tempuyung

Apa ciri ciri morfologi tempuyung / ciri ciri tumbuhan tempuyung ?


Ciri khusus tempuyung / ciri khas tempuyung & struktur morfologi tempuyung yaitu :

Morfologi Batang Tempuyung

Akar tanaman tempuyung adalah akar tunggang yang kuat dan kerap kali muncul tunas pada akar. Tanaman tempuyung termasuk ke dalam jenis tanaman tidak berkayu dan membutuhkan tempat yang terkena langsung sinar matahari.

Batang tanaman tempuyung berlubang dan bergetah yang warnanya hijau, serta terdapat bulu-bulu di batangnya. Batang tempuyung ini berbentuk bulat dan lunak, serta tinggi tanaman tempuyung sekitar 65 sampai 150 cm.

Morfologi Daun Tempuyung

Daun tanaman tempuyung adalah daun tunggal yang berbentuk lonjong. Ujung daun ini meruncing, tepi daun berombak dan bergigi tidak beraturan, permukaan daun licin serta daun berwarna hijau keunguan.

Daun tempuyung memiliki panjang sekitar 6 sampai 48 cm dengan lebar 3 sampai 12 cm. Helaian daunnya berbentuk lanset atau lonjong, bagian ujungnya meruncing, bagian pangkal berbentuk seperti jantung serta tepi daun menyirip tak beraturan.

Daun tempuyung di bagian bawah terpusat membentuk roset sedangkan di bagian atas letaknya berselang seling memeluk batang. Daun di bawah inilah yang berkhasiat bagi kesehatan. Daun tempuyung yang muncul dari tangkai bunga berbentuk lebih kecil dengan pangkalnya memeluk batang.

Morfologi Bunga dan Buah Tempuyung

Bunga tanaman tempuyung berbentuk malai dan kelopak bunganya berbentuk menyerupai lonceng. Mahkota bunga tempuyung terbentuk dari kumpulan kumpulan jarum yang berwarna putih atau kuning. Buah tempuyung kotak berusuk lima, berbentuk memanjang, pipih dan memiliki rambut yang berwarna hitam. Biji tempuyungnya berukuran kecil dan ringan, berupa serbuk.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan tempuyung secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman tempuyung ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi talas :)