KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TEPUS SIGUNG

Artikel tentang tepus sigung ini akan menjelaskan ciri ciri tepus sigung lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman tepus sigung (klasifikasi dan deskripsi tepus sigung).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Tepus Sigung

Semua bagian tanaman ini berbau aroma kuat. Rhizome atau rimpang dan daunnya mengandung banyak minyak esensial. Buahnya bisa dimakan dan rasanya cukup enak. Tanaman ini digunakan juga sebagai obat tradisional.

Khasiat tepus singung dari bunganya yaitu sebagai peluruh ASI (air susu ibu). Caranya yaitu kuncup bunga direbus dan disaring kemudian diminum. Sedangkan manfaat tepus sigung dari bagian rimpangnya berguna sebagai bahan baku kosmetik. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi tepus sigung :


Klasifikasi Tanaman Tepus Sigung

Apa klasifikasi ilmiah tepus sigung ?


Nama ilmiah tepus sigung atau nama latin tepus sigung adalah Achasma coccineum atau dikenal juga dengan nama Ammonium foetens (BI) K. Schum. Klasifikasi tumbuhan tepus sigung adalah sebagai berikut :

Kingdom : Plantae
Filum : Tracheophyta
Kelas : Liliopsida
Ordo : Zingiberales
Famili : Zingiberaceae
Genus : Achasma
Spesies : Achasma coccineum

Tabel : klasifikasi tepus sigung


Morfologi Tanaman Tepus Sigung

Apa ciri ciri morfologi tepus sigung / ciri ciri tumbuhan tepus sigung ?


Ciri khusus tepus sigung / ciri khas tepus sigung & struktur morfologi tepus sigung yaitu :

Herba perenial ini tumbuh merumpun, tingginya dapat mencapai 2 sampai 4 meter dan mempunyai akar serabut berwarna putih. Batangnya berdiri tegak membentuk rimpang dan tidak bercabang.

Daun-daunnya lanceolatus dan berbulu pada permukaan bawahnya. Rhizomenya coklat pucat dan robust. Tangkai bunganya berada di bawah tanah. Bunganya berbentuk seperti telur, mahkotanya berwarna putih berbentuk tabung. Bunga tepus sigung mengandung zat polifenol, saponin dan flavonoida.

Buah kapsul ukurannya beragam, globosenya berwarna hijau pucat sampai kuning. Bijinya mencapai 15 – 20 tiap buah, berwarna coklat gelap, bersudut, berbau aromatik dan panjangnya sekitar 3 mm. Tanaman ini tumbuh liar di hutan, tebing-tebing sungai dan lereng-lereng gunung pada ketinggian kurang dari 500 meter di atas permukaan laut.

Pada saat sekarang ini, tanaman belum banyak dibudidayakan secara khusus. Pembudidayaan dapat diperbanyak dengan rhizome atau dari biji-bijinya yang dikecambahkan terlebih dahulu. Tanah harus cukup humus, bebas dari penggenangan air, biasanya ditanam di bawah tanaman kopi.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan tepus sigung secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman tepus sigung ya teman ! Baca juga klasifikasi jeringau :)