KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TERATAI

Artikel tentang tanaman bunga teratai ini akan menjelaskan ciri ciri bunga teratai lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman teratai (klasifikasi dan deskripsi bunga teratai).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Teratai

Tanaman teratai adalah tanaman yang hidupnya di air dan kelembaban tinggi, biasanya sering terdapat di kolam atau danau. Tanaman teratai disukai karena bunganya yang indah dengan warna cerah.

Tanaman teratai berasal dari daratan Asia dan biasanya sering ditemui di kolam atau tumbuh liar di rawa rawa. Meskipun tanaman teratai seperti mengapung di atas permukaan air, sebenarnya akar teratai ini terletak di dalam air atau bahkan di dasar air.

Selain dimanfaatkan sebagai tanaman hias, teratai juga memiliki khasiat sebagai obat. Bagian tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal hampir semua organ tanamannya, seperti umbi, daun, bunga, hingga biji. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi teratai :


Klasifikasi Tanaman Teratai

Apa klasifikasi ilmiah teratai ?


Nama ilmiah tumbuhan teratai atau nama latin teratai adalah Nymphaea spp. Klasifikasi tumbuhan teratai putih adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Nymphaeanae
ORDO : Nymphaeales
FAMILI : Nymphaeaceae
GENUS : Nymphaea L
SPESIES : Nymphaea alba L.

Tabel : klasifikasi teratai putih


Morfologi Tanaman Teratai

Apa ciri ciri morfologi teratai / ciri ciri tumbuhan teratai ?


Ciri-ciri khusus tumbuhan bunga teratai / ciri khas teratai & struktur morfologi teratai yaitu :

Morfologi Akar Teratai

Tanaman teratai memiliki akar yang berongga. Akar tanaman teratai kurang berkembang dengan baik karena tidak mempunyai bulu akar atau tudung akar. Akar di sini lebih berfungsi sebagai jangkar atau pencengkram tanaman agar tanaman bisa berdiri tegak.

Morfologi Batang Teratai

Tanaman teratai memiliki batang yang berguna untuk menopang daun agar mengapung di atas, karena sebagian besar batang teratai berada di bawah permukaan air. Selain itu, batang teratai juga berguna untuk mengasorbsi unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Batang tanaman teratai mempunyai ruang udara sebagaimana tanaman air lainnya.

Morfologi Daun Teratai

Tanaman teratai mempunyai daun yang berbentuk bulat, lebar, tipis serta tepi daunnya bergerigi. Berbeda dengan organ batang, bagian daun teratai mengapung di atas air. Hal ini karena tangkai daun teratai cenderung tumbuhnya menjalar.

Permukaan daun teratai bagian atas berwarna hijau, sedangkan permukaan bagian bawah berwarna keunguan dan memiliki tulang daun besar serta tulang daun kecil. Daun teratai juga mempunyai lapisan yang berguna membersihkan diri dari kotoran.

Morfologi Bunga Teratai

Tanaman teratai memiliki bunga teratai yang terletak pada tangkai yang merupakan perpanjangan dari rimpang. Tangkai bunga teratai ini tumbuhnya tegak sehingga bunga teratai bisa muncul keluar dari permukaan air.

Bunga teratai memiliki gradasi warna yang indah, seperti warna merah muda kemudian memutih semakin ke atas. Teratai juga mempunyai kelopak bunga yang banyak dan berlapis.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan teratai secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman teratai ya teman ! Baca juga klasifikasi tempuyung :)