KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TUMBUHAN VENUS

Artikel tentang tumbuhan venus ini akan menjelaskan ciri ciri venus lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman venus (klasifikasi dan deskripsi venus).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Venus

Tanaman venus fly trap adalah tanaman insektivora yang memangsa serangga serangga untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Tanaman venus ini biasanya hidup di tanah yang minim nutrisi, memangsa serangga adalah salah satu bentuk adaptasi tanaman venus fly trap. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi venus :


Klasifikasi Tumbuhan Venus Flytrap

Apa klasifikasi ilmiah tumbuhan venus ?


Nama ilmiah venus flytrap atau nama latin venus flytrap adalah Dionaea muscipula J. Ellis. Klasifikasi tumbuhan venus adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Caryophyllanae
ORDO : Caryophyllales
FAMILI : Droseraceae
GENUS : Dionaea J. Ellis
SPESIES : Dionaea muscipula J. Ellis

Tabel : klasifikasi venus flytrap


Morfologi Tumbuhan Venus Flytrap

Apa ciri ciri morfologi venus / ciri ciri tumbuhan venus ?


Ciri khusus venus / ciri khas venus & struktur morfologi tumbuhan venus yaitu :

Tanaman venus fly trap biasanya tumbuh ditanah yang asam. Tanaman venus fly trap berukuran kecil, tumbuh hanya setinggi sekitar 13 cm. Terdapat 3 sampai 4 penjebak pada setiap satu tanaman venus fly trap, tetapi jika kondisi lingkungan mendukung dan tanahnya subur, tanaman ini bisa memiliki sampai 20 penjebak.

Tanaman venus fly trap ini muncul dari batang pendek yang terdapat di bawah tanah, ukuran batang ini sekitar 3 sampai 10 cm.

Morfologi Daun Venus Flytrap

Tanaman Venus Fly Trap mempunyai daun yang berbentuk engsel dan mempunyai bulu bulu. Daun venus ini mengeluarkan aroma yang khas. Daun venus fly trap berwarna hijau cerah dan tumbuh keluar dari dasarnya. Bagian dalam daun venus berwarna merah cerah.

Trap atau jebakan di tanaman venus fly trap sebenarnya adalah modifikasi dari organ daun. Daun venus yang berbentuk seperti engsel ini berguna untuk menangkap serangga yang berada di sekitarnya atau hinggap di daun tanaman tersebut.

Tanaman venus fly trap mempunyai daun yang dipenuhi oleh cairan nektar. Cairan nektar ini berguna untuk menarik perhatian serangga agar menyentuh daun. Kemudian, rambut rambut yang bersifat sensitif di permukaan daun ini akan berfungsi sebagai sensor yang menanggapi rangsangan tersebut, lalu kedua helai daun venus fly trap mengatup dan memerangkap serangga di dalamnya. Setelah itu, tanaman venus fly trap akan mengeluarkan cairan untuk mencerna serangga yang terjebak sampai hancur.

Morfologi Bunga Venus Flytrap

Tanaman venus fly trap mempunyai tangkai bunga yang bisa tumbuh dengan panjang sekitar 10 sampai 25 cm. Bunga venus fly trap ini tumbuh membentuk cluster bunga yang cantik dan berwarna putih. tanaman venus biasanya diperbanyak secara generatif menggunakan bijinya.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan venus secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman venus ya teman ! Baca juga klasifikasi tanaman vanili :)