KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI UBI JALAR

Artikel tentang tanaman ubi jalar ini akan menjelaskan ciri ciri ubi jalar lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman ubi jalar (klasifikasi dan deskripsi ubi jalar).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Ubi Jalar

Nama lain ubi jalar adalah ubi rambat, ubi manis atau dikenal juga di dunia internasional dengan sebutan Yom (Inggris); kumala (Fiji); batata (Perancis); batatas (Spanyol); Camote (Filiphine).

Tanaman ini ditanam untuk mendapatkan umbinya. Umbinya digunakan sebagai bahan pengisi pergalengan, saos, untuk pembuatan tepung pati, glukose, sirup, dan alkohol. Daun mudanya digunakan sebagai sayuran dan minuman segar. Umbinya sering juga dijadikan makanan ternak. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi ubi jalar :


Klasifikasi Tanaman Ubi Jalar

Apa klasifikasi ilmiah ubi jalar ?


Nama ilmiah ubi jalar atau nama latin ubi jalar adalah Ipomoea batatas. Klasifikasi tumbuhan ubi jalar adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Solanales
FAMILI : Convolvulaceae
GENUS : Ipomoea L.
SPESIES : Ipomoea batatas (L.) Lam.

Tabel : klasifikasi ubi jalar


Morfologi Tanaman Ubi Jalar

Apa ciri ciri morfologi ubi jalar / ciri ciri tumbuhan ubi jalar ?


Ciri khusus ubi jalar / ciri khas ubi jalar & struktur morfologi ubi jalar yaitu :

Tanaman ubi jalar merupakan tanaman semusim yang menjalar batangnya seperti salur-salur yang menjalar, tipis, hijau gelap hingga coklat dan mengandung getah. Daunnya melekat pada tangkai daun yang panjang dan mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda-beda, tergantung pada varietas. Daunnya sederhana dan utuh atau terbagi.

Di daerah tropis basah, ubi jalar mudah berbunga, menghasilkan bunga-bunga terompet warna ungu yang muncul pada pangkal tangkai daun. Serangga pengunjung bunga tersebut dapat menyebabkan penyerbukan silang.

Buahnya kalau telah kering pecah menghasilkan empat biji kecil-kecil yang berwarna hitam. Umbi biasanya dihasilkan dalam tanah lapisan atas setebal 25 cm. Umbi ini sangat bervariasi dalam hal ukuran, bentuk, warna dan kualitas atau rasanya karena tergantung pada varietas. Umbi dewasa mengandung getah. Mereka kaya pati dan juga mengandung sejumlah gula, protein, dan lemak. Tipe-tipe ubi jalar yang umbinya berwarna, ternyata kaya akan vitamin A, dan mengandung sejumlah vitamin B dan C.

Ubi jalar berasal dari daerah tropis Amerika dimana ia telah ditanam selama berabad-abad. Pada saat ini ubi jalar ditanam di seluruh daerah tropis, terutama di Afrika dan Papua Nugini. Sekitar 1 (K) juta ton umbi dihasilkan setiap tahun diseluruh dunia. Ubi rambat ini juga ditanam di luar daerah tropis seperti di Jepang, Cina, USA, dan Selandia Baru.

Ada beratus-ratus jenis kultivar ubi jalar yang diusahakan. Kebanyakan kultivar mempunyai batang menjalar yang cukup panjang, tetapi ada juga varietas yang tajuknya merumpun, batangnya lebih pendek dan tumbuh lebih tegak. Tipe tidak menjalar ini seringkali produksinya tinggi. Pada dasarnya ada dua kelompok varietas yakni :

  • Jenis yang umbinya keras, kuning warna umbinya.
  • Jenis yang umbinya lunak, umbinya lebih manis dan lebih banyak mengandung air, sehingga kalau dimasak menjadi lunak dan gelatin : warna umbinya putih.

Varietas ubi jalar juga mempunyai kedalaman perakaran yang berbeda-beda dan umur panen yang berbeda. Varietas yang terkenal di Amerika adalah HES 107, Nancy merah, Onlis, Kanda, Nemagold, dan Allgold. Di India Barat, varietas yang terkenal adalah Black Rokc dan Ret Nut. Di Malaysia, varietas yang produksinya tertinggi adalah “Large White” yang dalam waktu 4 bulan dapat menghasilkan umbi segar hingga 20 ton/ha. Jenis lain yang terkenal di Malaysia adalah Serdang Biru Kang-kong, dan Centennial. Jenis Centennial berasal dari Amerika dengan daging umbi orange dan enak dimakan tetapi hasilnya rendah, sekitar 4-10 ton/ha.

Ubi jalar tumbuh baik kalau suhu rata-rata sekitar 25 deraja Celcius atau lebih dengan intensitas cahaya matahari dan curah hujan paling tidak sekitar 300 mm selama musim pertumbuhan 4 bulan. Di daerah curah hujan tinggi, ubi jalar ditanam pada akhir musim hujan. Ia tidak tahan terhadap kondisi kering yang lama dan irigasi sangat diperlukan. Di daerah equator, ubi jalar ditanam pada ketinggian hingga 2000 meter di atas permukaan laut, seperti di Papua Nugini.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan ubi jalar secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman ubi jalar ya teman ! Baca juga klasifikasi labu botol :)