KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI URANG ARING

Artikel tentang tanaman urang aring ini akan menjelaskan ciri ciri urang aring lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman urang aring (klasifikasi dan deskripsi urang aring).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Urang Aring

Tanaman urang aring adalah sejenis tanaman anggota suka Asteraceae dan sering dianggap sebagai tanaman liar dan gulma. Tanaman ini terkenal karena fungsinya sebagai penyubur rambut. Tanaman ini tumbuh di daerah beriklim tropis dan bisa tumbuh sampai ketinggian tepi pantai hingga 1.500 meter di atas permukaan laut.

Tanaman urang aring adalah tanaman yang bertangkai banyak, sering ditemui tumbuh liar di pinggir jalan atau tanah lapang (selain di hutan). Masih sedikit masyarakat yang membudidayakan tanaman urang aring ini dan masih menganggap tanaman urang aring sebagai gulma. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi urang aring :


Klasifikasi Urang Aring

Apa klasifikasi ilmiah urang aring ?


Nama ilmiah urang aring atau nama latin urang aring adalah Eclipta prostrata. Klasifikasi tumbuhan urang aring adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Asterales
FAMILI : Asteraceae
GENUS : Eclipta L
SPESIES : Eclipta prostrata

Tabel : klasifikasi urang aring


Morfologi Tanaman Urang aring

Apa ciri ciri morfologi urang aring / ciri ciri tumbuhan urang aring ?


Ciri ciri daun urang aring / ciri khas urang aring & struktur morfologi urang aring yaitu :

Morfologi Akar Urang Aring

Akar tanaman urang aring adalah akar tunggang dan berwarna putih.

Morfologi Batang Urang Aring

Tanaman urang aring berupa terna semusim dengan batang yang tegak atau berbaring dan kerap bercabang-cabang hingga 80 cm. batang urang aring berbentuk bulat, berwarna keunguan dan berambut putih.

Letak daun duduk berhadap-hadapan, berbentuk lanset yang memanjang hingga bulat oval memanjang. Pangkal batang dan ujung meruncing. Tepi daun urang aring bergerigi atau hampir merata. Kedua permukaan daun ini berambut.

Morfologi Daun Urang Aring

Daun tanaman urang aring berbentuk bulat oval yang memanjang dengan ujung daun meruncing, bagian samping daun bergerigi halus atau hampir rata. Kedua permukaan daun urang aring memiliki rambut dan bila diraba terasa agak kasar. Pertulangan daun urang aring menyirip. Panjangnya berkisar 2 sampai 3,5 cm dengan lebar 5 – 10 mm.

Morfologi Bunga Urang Aring

Bunga pada tanaman urang aring merupakan bunga majemuk yang tergabung dalam bongkol berdiameter kurang lebih 4 mm, dan tangkainya berukuran panjang (berukuran sekitar 4 cm) serta berwarna putih.

Kemudian, 2 sampai 3 bongkol berkumpul di ujung atau ketiak daun. Mahkota bunga berbentuk seperti pita yang menyempit dan bergigi dua, bunga cakram berbentuk tabung dan berwarna putih.

Morfologi Buah Urang Aring

Buah tanaman urang aring berbentuk pipih memanjang dan keras serta berbulu. Buah urang aring berdiameter kurang lebih 1 mm dan berwarna hitam. Biji urang aring berbentuk jarum dengan panjang kurang lebih 2 mm.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan urang aring secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman urang aring ya teman ! Baca juga klasifikasi bunga teratai putih :)