KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI WIJEN

Artikel tentang tanaman wijen ini akan menjelaskan ciri ciri wijen lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman wijen (klasifikasi dan deskripsi wijen).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Wijen

Tanaman wijen adalah tanaman semak semusim yang termasuk ke dalam famili Pedliaceae. Tanaman ini dibudidayakan sebagai sumber minyak nabati yang diperoleh dengan cara mengekstrak bijinya. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi wijen :


Klasifikasi Tanaman Wijen

Apa klasifikasi ilmiah wijen ?


Nama ilmiah wijen atau nama latin wijen adalah Sesamum indicum L. Klasifikasi tumbuhan wijen adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Lamiales
FAMILI : Pedaliaceae
GENUS : Sesamum L.
SPESIES : Sesamum indicum L.

Tabel : klasifikasi wijen


Morfologi Tanaman Wijen

Apa ciri ciri morfologi wijen / ciri ciri tumbuhan wijen ?


Ciri khusus wijen / ciri khas wijen & struktur morfologi wijen yaitu :

Morfologi Akar Wijen

Akar tanaman wijen adalah akar tunggang dan pada bagian akar lateralnya akan tumbuh akar rambut yang jumlahnya cukup banyak. Sistem perakaran tanaman wijen ini berbeda antara varietas. Pada varietas yang tidak bercabang, perakarannya cenderung tumbuh ke arah dalam. Sedangkan untuk varietas bercabang, perakarannya menyebar.

Selain itu, hal kegenjahan tanaman juga berpengaruh terhadap sistem perakaran tanaman wijen, wijen yang berumur genja perakarannya lebih dangkal dibandingkan dengan tanaman yang berumur dalam.

Morfologi Batang Wijen

Batang wijen sedikit berkayu, tumbuhnya tegak dan mempunyai bulu-bulu halus. Batangnya berlekuk empat, beralur, berbuku-buku dan biasanya bercabang.

Tanaman wijen dapat digolongkan menjadi dua jenis menurut tempat kedudukan cabangnya, yaitu cabang yang terbentuk mulai dari bawah dan cabang yang terbentuk setelah tanaman agak tinggi. Warna batang dan cabang wijen ada yang kuning sampai ungu.

Morfologi Daun Wijen

Daun tanaman wijen berukuran panjang antara 3 – 18 cm dengan lebar 1 – 7 cm. biasanya, susunan letak wijen berselang seling dengan bentuk dan ukuran antara daun bawah, tengah, dan atas berbeda-beda. Daun bawah berhadap-hadapan, bertangkai pangkai panjang. Panjang tangkai daunnya 1 – 5 cm. Bentuk daun ini agak melebar atau sering kali berlekuk, sedangkan bagian atas berbentuk lanset.

Bagian bawah permukaan daun berbulu. Kedudukan daun wijen umumnya menggantung, tetapi ada juga yang tegak dan horizontal. Warna daun wijen bermacam-macam, mulai dari yang berwarna hijau, hijau tua, sampai hijau keunguan.

Morfologi Buah Wijen

Buah wijen berbentuk kapsul atau polong dengan dindingnya yang terdiri dari dua lapisan, yaitu lapisan luar dan lapisan dalam. Lapisan luar tersusun dari sel-sel parenkim sedangkan lapisan dalam tersusun dari serat-serat panjang. Lokul (ruang polong) adalah tempat kedudukan biji, biasanya jumlah lokul 4 atau 8 tergantung dari varietasnya.

Morfologi Biji Wijen

Biji wijen berukuran kecil, berbentuk oval dan salah satu ujungnya runcing. Berat per 1.000 biji wijen berkisar antara 2 – 4 gram. Kulit biji wijen umumnya halus, tetapi ada juga beberapa varietas yang kulitnya kasar. Warna kulit biji bervariasi mulai dari putih, kuning, cokelat, abu-abu, dan hitam.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan wijen secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman wijen ya teman ! Baca juga klasifikasi dan morfologi tanaman tembakau :)