KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI ZAITUN

Artikel tentang tanaman zaitun ini akan menjelaskan ciri ciri zaitun lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman zaitun (klasifikasi dan deskripsi zaitun).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Zaitun

Zaitun adalah tanaman berupa pohon kecil tahunan yang buah mudanya dapat dimakan mentah atau diawetkan sebagai penyegar. Tanaman ini terkenal dengan minyaknya yang diperoleh dari buah tua yang diperas dan diekstrak minyaknya. Penyebaran tanaman zaitun ini meliputi daerah-daerah beriklim panas sampai iklim sedang seperti di daerah Asia, Afrika dan Laut Tengah.

Terdapat banyak manfaat dari tanaman zaitun ini, selain buahnya yang enak, kayu dari pohon zaitun juga mempunyai kualitas yang baik. Buah zaitun juga bisa digunakan sebagai penyedap makanan. Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk bumbu salad atau sebagai bahan kosmetik. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi zaitun :


Klasifikasi Tanaman Zaitun

Apa klasifikasi ilmiah zaitun ?


Nama ilmiah zaitun atau nama latin zaitun adalah Olea europaea. Klasifikasi tumbuhan zaitun adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Lamiales
FAMILI : Oleaceae
GENUS : Olea L.
SPESIES : Olea europaea L.
SUB SPESIES : Olea europaea ssp. europaea L.
SUB SPESIES : Olea europaea ssp. cuspidata (Wall. ex G. Don) Cif.

Tabel : klasifikasi zaitun


Morfologi Tanaman Zaitun

Apa ciri ciri morfologi zaitun / ciri ciri tumbuhan zaitun ?


Ciri khusus zaitun / ciri khas zaitun & struktur morfologi zaitun yaitu :

Morfologi Pohon Zaitun

Tanaman zaitun adalah tanaman pohon atau perdu hijau abadi (evergreen). Tanaman evergreen adalah tanaman yang tidak menggugurkan seluruh daun-daunnya secara bersamaan pada kondisi lingkungan tertentu atau pada suatu musim tertentu.

Tanaman ini berukuran pendek dan gemuk, tingginya berkisar di antara 8 – 15 meter. Batang tanaman zaitun keriput dan terpelintir. Usia tanaman zaitun bisa mencapai ribuan tahun, sehingga tanaman yang tadinya berbentuk perdu telah menjadi pohon besar.

Morfologi Daun Zaitun

Daun tanaman zaitun adalah daun tunggal dengan kedudukan saling berhadap-hadapan tanpa daun penumpu. Daun ini berwarna hijau keperakan, dan bentuknya lonjong seperti papan selancar. Panjang daun zaitun sekitar 4 – 10 cm, dan lebarnya 1 – 3 cm.

Permukaan daun bagian atas berwarna hijau sedangkan permukaan bagian bawah berwarna hijau muda agak keputihan. Daun ini ada di setiap cabang tanaman zaitun.

Morfologi Bunga Zaitun

Bunga zaitun adalah bunga banci (hermaprodit) atau berkelamin tunggal dan buahnya menumpang. Bunga zaitun ini berukuran kecil-kecil dan berwarna putih serta memiliki bulu. Sepal dan petal bunga zaitun berbelah sepuluh, dua stamen dan sitgma bifid, umumnya tumbuh pada kayu tahun sebelumnya.

Morfologi Buah Zaitun

Buah zaitun berukuran kecil berupa buah batu (drupe) dan panjangnya sekitar 1 – 2.5 cm dengan biji memiliki endosperma. Buah zaitun pada tanaman liar lebih kurus dan kecil jika dibandingkan dengan buah zaitun yang dibudidayakan. Tanaman zaitun mulai berbuah ketika berumur lima tahun.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan zaitun secara singkat. Semoga kamu lebih tahu mengenai ciri ciri tanaman zaitun ya teman ! Baca juga karakter morfologi tanaman wijen :)