MACAM MACAM HAMA ULAT

Materi pertanian ini akan membahas macam macam hama ulat / jenis hama ulat pada tanamancara pengendalian hama ulat / cara membasmi hama ulat daun :)

Macam Macam Hama Ulat

Pengertian Hama Ulat

Pada artikel sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang pengertian hama dan penyakit tanaman. Hama adalah perusak tanaman yang berupa makhluk hidup semacam serangga. ulat dan lain sebagainya. Cara merusaknya bermacam-macam pula, ada vang dengan memakan batang. mengisap cairan daun dan sebagainya.

Dengan kata lain definisi hama ulat adalah jenis-jenis ulat yang berperan aktif dalam merusak tanaman. Jenis hama ulat antara lain adalah sebagai berikut :

Ulat tanah (Agrotisypsilon)

Hama ulat ini hidup di dalam tanah, warnanya coklat kehitaman. Menyerang bibit atau tanaman yang baru saja ditanam dengan memakan batang di atas leher akar. Cara mengatasi hama ulat tanah ini bisa dilakukan dengan :

  • Menyemprotnya dengan DDT 5% atau Chloordane.

Ulat pendam (Prodenialitura)

Sering juga disebut ulat tanah karena bentuk dan hidupnya sama dengan ulat tanah. Menyerang daun tanaman yang masih di persemaian. Tips mengatasi hama ulat dapat dilakukan dengan cara :

  • Mencari dan membunuh dari satu per satu.
  • Menyemprotnya dengan insektisida.

Ulat pupus (Heliothis assulta)

Jenis hama ulat ini menyerang pucuk-pucuk daun yang masih sangat muda pada tanaman di persemaian. Pemberantasannya dapat dilakukan dengan cara :

  • Disemprot dengan insektisida
  • Mencari dan membunuh dari satu per satu.

Ulat daun Plutela maculipennis

Ulat daun berasal dari penetasan telur kupu-kupu Plutela. Menyerang dengan memakan bagian daging daun sehingga acapkali daun hanya tinggal kerangkanya saja. Cara penanggulangan hama ulat daun dapat dilakukan dengan :

  • Membunuh ulat maupun kupu-kupunya. Biasanya dilakukan pada malam hari dengan menggunakan lampu.
  • Disemprot dengan Folidol E 605, Folidol M atau Dipterex.

Ulat (Crocidolomia binotalis)

Hama ulat daun ini hidup berkelompok sambil makan daging daun. Mula-mula pada daun di bagian bawah. kemudian semakin ke atas, dan akhirnya sampai pada bagian pucuk. Cara mengatasi hama ulat daun ini dapat dilakukan dengan cara:

  • Mencari dan membunuh ulat / kupu-kupunya.
  • Disemprot dengan insektisida.

Itulah macam-macam hama ulat pada tanaman yang wajib kamu ketahui. Lihat juga jenis hama serangga pada tumbuhan & gejala serangan kutu daun :)