MACAM MACAM JENIS LETTUCE

Artikel ini akan menjelaskan arti lettuce & jenis2 lettuce (macam macam lettuce).

Pengertian Lettuce

Apa itu lettuce ? Lettuce artinya apa ?

Lettuce adalah tanaman sayuran selada yang paling populer di antara tanaman-tanaman salad lainnya dan termasuk ke dalam famili Compositae. Nama latin lettuce adalah Lactuca saliva. Bunganya berkumpul dalam tandan-tandan yang berbentuk sebuah rangkaian.

Lettuce memiliki banyak kandungan gizi dan serat yang mampu membantu melangsingkan tubuh. Bahkan sekarang ini banyak artis yang melakukan lettuce diet. Lettuce diet adalah pola makan diet dengan banyak mengkonsumsi lettuce sehingga perut menjadi tidak mudah lapar dan asupan kalori tubuh akan lebih terjaga.

Macam Macam Jenis Lettuce

Apa saja jenis dan nama lettuce ?

Jenis tanaman lettuce banyak sekali ragamnya, akan tetapi menurut garis besarnya dapat dibagi menjadi tiga (3) golongan:

  • Selada mentega atau selada telor (selada bokor). Jenis tanaman ini mempunyai krop yang bulat akan tetapi keropos (lepas), rasanya lunak dan enak.
  • Selada tutup (rangu). Jenis selada ini mempunyai krop yang bulat dan sedikit kompak (padat) dan rasanya renyah (rangu).
  • Selada potongan (cut-lettuce). Jenis selada ini mempunyai krop yang lonjong atau bulat panjang dan rasanya enak, hanya agak liat.

Dari ketiga jenis selada yang disebutkan di atas, yang paling digemari adakah selada mentega, karena selada ini dapat dikirim ke tempat-tempat yang jauh (tahan transport).

Ada lagi suatu tanaman yang menyerupai selada, baik bentuknya maupun syarat-syarat tumbuhnya serta cara menanamnya, hanya rasanya agak pahit. Jenis yang dimaksud ini biasa disebut dengan ’’andewi” (Cichorium endevi L).

Andewi ada yang mempunyai daun keriting dan ada pula yang mempunyai daun halus serta lebar-lebar. Akan tetapi yang terkenal adalah andewi keriting. Sebagaimana tanaman selada, andewi inipun tidak tahan terhadap pukulan air hujan. Oleh karena itu andewi tidak baik untuk ditanam pada musim hujan.

Ada lagi semacam selada yang lain yang disebut dengan ’’selada air” (Nasturtium officinale R. Br.). Selada air ini termasuk ke dalam famili Cruciferae (Brassicaceae). Selada air ini merupakan tanaman yang tetap dan bersifat menjalar sama seperti jenis tanaman kangkung. Selada air inipun biasa ditanam di pinggir-pinggir kolam dengan stek-stek dari batangnya.

Itulah beberapa nama jenis lettuce. Semoga pembahasan mengenai macam-macam jenis lettuce ini bisa kamu mengerti. lihat juga cara budidaya tanaman kubis & hama dan penyakit pada tanaman kubis :)