MACAM-MACAM JENIS TIMUN

Artikel macam-macam jenis timun ini akan menjelaskan tentang macam-macam varietas mentimun & varietas mentimun unggul.

Macam-Macam Jenis Timun

Timun atau ketimun atau yang di Jawa Barat disebut Bonteng (Cucumis sativus L.) termasuk ke dalam famili Cucurbitacea, yaitu suatu tanaman yang bunganya berbentuk trompet dan berjenis satu. Mentimun adalah tanaman yang berumah satu, artinya bunga jantan dan bunga betina terpisah, akan tetapi masih dalam satu pohon. Bunga betina mempunyai bakal buah yang membengkak, terletak di bawah mahkota bunga. Sedangkan pada bunga jantan, bagian yang membengkak itu tidak ada.

Macam-macam buah mentimun secara garis besar dapat dibagi dalam 2 golongan antara lain :

1. Timun yang pada buahnya terdapat bintil-bintil seperti jerawat, terutama pada bagian pangkal buah tersebut. Jenis varietas timun ini terdiri dari 3 macam yaitu :

  • Timun biasa atau yang disebut ’’timun”. Varietas timun ini mempunyai kulit tipis dan lunak. Buahnya yang muda berwarna hijau keputih-putihan dan setelah tua berwarna coklat. Jenis timun inilah yang banyak ditanam oleh para petani dan termasuk kategori varietas timun unggul.
  • Timun watang. Jenis timun ini mempunyai kulit tebal dan agak keras. Buah yang muda berwarna hijau keputih-putihan dan setelah tua berwarna kuning tua.
  • Timun wuku. Varietas mentimun ini mempunyai kulit yang agak tebal. Buahnya yang muda berwarna agak coklat.

2. Krai atau timun krai. Varietas timun ini mempunyai buah yang halus dan tidak berjerawat-jerawat. Buahnya berwarna kekuning-kuningan dan bergaris-garis putih. Macam jenis timun ini adalah :

  • Timun suri atau bonteng suri dan di Jawa Barat dikenal sebagai timun puan. Jenis timun suri ini mempunyai buah yang besar sekali hampir 10 x besar timun biasa, bentuknya lonjong (oval), rasanya repui. Timun suri inilah yang sering dibuat untuk mencampuri minuman es-sirup (es dan sirup)
  • Krai yang besar. Buah dan rasa dari jenis mentimun krai besar ini hampir mirip seperti timun.

Itulah macam-macam jenis timun yang ada di pasaran saat ini. Semoga bermanfaat ! Baca juga cara budidaya timun yang benar :)