MACAM-MACAM JENIS WORTEL

Materi tentang wortel ini akan menjelaskan jenis-jenis varietas wortel (varietas tanaman wortel).

Macam-Macam Jenis Wortel

Apa saja macam-macam varietas wortel ?

Nama latin wortel adalah Daucus carota L. Wortel termasuk ke dalam famili Umbeliflorae, yakni suatu tanaman yang bunganya berbentuk susunan seperti payung (umbel). Tanaman ini tidak mempunyai banyak ragam. Dilihat dari bentuk umbinya, wortel dapat dibedakan menjadi 3 golongan yaitu :

Varietas Wortel Inperator

Jenis wortel ini bentuk umbinya bulat panjang dengan ujung yang runcing, hingga bentuknya seperti kerucut. Golongan wortel ini biasanya mempunyai akar serabut yang tumbuh pada umbi-umbinya. Varietas tanaman wortel ini tidak begitu disukai karena rasanya kurang manis.

Varietas Wortel Chantenay

Jenis wortel ini bentuk umbinya bulat panjang dengan ujung yang tumpul. Golongan wortel ini biasanya tidak berakar serabut pada umbi-umbinya.

Varietas Wortel Nantes

Jenis varietas wortel ini umbinya mempunyai bentuk peralihan dari bentuk inperator dan chantenay.

Di Jawa Barat, varietas-varietas lokal Cipanas dan Lembang merupakan varietas unggul wortel yang terbaik dan enak. Akan tetapi perlu diingat, bahwa keadaan tanah dan iklim sangat berpengaruh terhadap kualitas umbi. Demikian pula dalam dan dangkalnya pengolahan tanah sangat berpengaruh terhadap pan-jang pendeknya umbi tersebut.

Itulah macam macam jenis wortel yang patut kamu ketahui. Baca juga syarat tumbuh tanaman wortel dan cara budidaya tanaman wortel yang baik dan benar :)