PEMANENAN ASPARAGUS

Artikel pemanenan asparagus ini membahas tentang cara panen dan pasca panen asparagus serta standar mutu asparagus.

Pemanenan Asparagus

Bagaimana cara panen asparagus yang baik dan benar ? Berapa lama masa panen asparagus ?

Umur panen asparagus adalah sekitar 8 s/d 10 bulan sesudah penanaman. Panen asparagus di daerah tropis seperti di Indonesia pada dasarnya akan lebih cepat jika dibandingkan dengan daerah subtropis.

Saat yang tepat untuk pemanenan asparagus adalah pagi hari. Hal ini dikarenakan jika kita memanen asparagus saat siang bolong dimana matahari sangat terik, tanaman akan terkena dehidrasi dan akan menurunkan mutu rebung.

Dalam pemanenan asparagus ini, kita perlu memperhatikan standar mutu asparagus yang akan dihasilkan, yaitu harus sesuai dengan tujuan pemasaran asparagus itu sendiri. Empat mutu asparagus yang sering dijumpai di pasaran saat ini adalah mutu I, mutu II, mutu III dan afkiran. Untuk lebih jelasnya bisa lihat >> standar mutu asparagus.

Untuk pasca panen asparagus biasanya dilakukan pencucian dengan air bersih, kemudian disortir mana yang baik kualitasnya. Penyimpanan asparagus saat pasca panen sebelum pendistribusian haruslah dilakukan ditempat khusus seperti di dalam bak air yang dingin dan di dalam ruangan yang tidak panas, Hal ini untuk menjaga kesegaran dan kualitas asparagus itu sendiri.

Oke semoga teman-teman sekalian bisa memahami bagaimana cara pemanenan asparagus yang baik dan benar. Lihat juga hama dan penyakit tanaman asparagus & benih asparagus :)