PENGERTIAN HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN

Apa pengertian hama dan penyakit tanaman & perbedaan hama dan penyakit pada tanaman ?

Pengertian hama tanaman dan pengertian penyakit tanaman tidaklah sama alias berbeda. Kok berbeda sih? Padahal kan sama-sama membuat kerugian baik kerugian tanaman itu sendiri ataupun kerugian manusia yang menanam tanaman tersebut.

Definisi Hama Tanaman

Definisi hama menurut para ahli :

  • Hama adalah segala jenis hewan / binatang yang berpotensi merusak tumbuhan serta merugikan manusia dari segi ekonomi.
  • Hama adalah binatang pengganggu. Bila tanaman yang diganggu, maka dinamakan hama tanaman. Bagian tanaman yang diganggu tidak hanya satu bagian melainkan dapat seluruh bagian. Kerugian yang ditimbulkan oleh hama mempunyai kisaran yang besar, dari tidak berarti sampai yang dapat menggagalkan panen. Besar atau banyaknya kerugian yang diderita dipengaruhi oleh jenis hamanya.
  • Hama adalah serangga, nematoda, tikus, gulma, atau bentuk lain dari bentuk kehidupan terestrial atau air yang berbahaya bagi kesehatan manusia atau hewan ternak, atau mengganggu kegiatan ekonomi seperti pertanian.

Pengertian Penyakit Tanaman

Pengertian penyakit tanaman menurut para ahli :

  • Penyakit tanaman adalah sebuah kondisi dimana tanaman tersebut terganggu ataupun terhambat yang mana penyebabnya bukan berasal dari hama. Contoh penyakit tanaman banyak disebabkan oleh jamur, virus, ganggang, bakteri dsb. Pada umumnya tanaman yang sakit tidak menguntungkan manusia.
  • Definisi penyakit tanaman adalah pertumbuhan abnormal dan / atau disfungsi dari tanaman.
  • Penyakit tanaman adalah hasil dari beberapa gangguan dalam proses kehidupan normal tanaman. Penyebab penyakit pada tanaman mungkin berasal dari makhluk hidup dan / atau non-hidup . Penyakit biotik yang disebabkan oleh organisme hidup seperti jamur, bakteri, dan virus.

Namun, ada tanaman sakit yang menguntungkan, bahkan menambah nilai ekonomi tanaman itu. Contohnya, kelapa kopyor yang sebenarnya merupakan tanaman kelapa yang sakit, tetapi karena enak rasanya dan sedikit tanaman seperti ini, maka harganya lebih mahal dibanding kelapa sehat.

Nah sekarang kamu sudah tahu kan mengenai perbedaan hama dan penyakit pada tumbuhan ? Semoga artikel pengertian penyakit tanaman & pengertian hama ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua :)