PENGERTIAN KAILAN

Materi pertanian kali ini akan menjelaskan pengertian tanaman kailan & syarat tumbuh kailan.

Pengertian Kailan

  • Apa itu kailan. Apa daun kailan ?
  • Apa pengertian sayuran kailan ?

Definisi kailan:

Kailan adalah tanaman sayuran berasal dari Cina dengan nama latin Brassica oleraceae var. acephala. Di Indonesia kailan adalah jenis sayuran yang baru, namun sekarang ini telah menjadi kegemaran bagi beberapa keluarga. Bahkan budidaya kailan pun sudah semakin banyak digeluti oleh para petani.

Sepintas sayuran kailan terlihat agak mirip seperti jenis tanaman brokoli dengan kepala bunga berwarna hijau di bagian atas. Kailan memiliki tekstur yang tebal, datar serta daun yang hijau mengkilap. Daun dan batang kailan juga dapat dimakan. Rasa kailan juga hampir sama seperti brokoli akan tetapi sedikit agak manis.

Dari segi bentuk, tanaman kailan ini mirip sekali dengan sawi / caisim atau kembang kol. Tak heran banyak orang menyebutnya dengan tanaman sawi kailan. Tanaman sayur kailan ini daunnya panjang dan melebar seperti caisim, sedangkan warna daun dan batangnya mirip dengan kembang kol. Batangnya agak manis dan empuk di lidah. Sedangkan daunnya enak dan legit.

Kailan termasuk ke dalam kelompok kubis-kubisan. Varietas tanaman kailan yang unggul dan komersial adalah Full White. Varietas kailan ini cenderung tahan panas, buku-bukunya relatif pendek serta daunnya tebal berwarna hijau tua.

Manfaat Tanaman Kailan

Manfaat kailan untuk kesehatan antara lain adalah untuk membantu menurunkan berat badan dan menjaga kulit tetap sehat dan kencang karena kailan ini rendah kalori dan kaya akan vitamin dan mineral. Kandungan nutrisi kailan terdiri dari kalsium, serat, folat, zat besi, protein, serta vitamin A dan C.

Syarat Tumbuh Kailan

Apa syarat tumbuh tanaman kailan / syarat tumbuh sayur kailan ?

Sayuran kailan sangat cocok ditanam di daerah yang beriklim dining dengan suhu 15 – 25° Celcius. Sedangkan tanah yang cocok untuk tumbuhan kailan adalah jenis tanah yang subur dan gembur dengan tingkat pH sekitar 5,5 – 6,5.

Nah itulah penjelasan mengenai pengertian kailan dan syarat tumbuh kailan. Semoga bermanfaat. Lihat juga budidaya kedelai edamame & hama edamame :)