PENGERTIAN KOHLRABI DAN VARIETAS KOHLRABI

Artikel kohlrabi akan membahas apa itu kohlrabi dan jenis-jenis varietas kohlrabi.

Pengertian Kohlrabi

Apa itu kohlrabi ?

Kohlrabi adalah tanaman sayuran sejenis kubis yang dapat membentuk umbi di bagian batang dan di atas keping daunnya (cotyledon). Nama latin kohlrabi adalah Brassica oleracea var. gongylodes L. Tanaman kohlrabi tumbuh dan berkembang di atas tanah. Umbi dan daunnya yang masih muda sering dikonsumsi sebagai sayur.

Varietas Kohlrabi

Ada beberapa jenis varietas sayuran kohlrabi yang sering digunakan dalam budidaya kohlrabi. Ada yang bentuk umbinya bulat penuh dan ada pula yang bulat datar. Ada yang warnanya biru keunguan, ada pula yang berwarna hijau pucat.

Perlu kamu ketahui bahwa kohlrabi yang bentuk umbinya bulat cenderung berumur pendek, tidak mudah untuk berbunga namun produksinya tinggi. Jenis kohlrabi ini adalah jenis kohlrabi unggulan karena mempunyai kualitas yang baik. Contoh varietas ini adalah Gangel Forcing White dan Wiesmour Forcing.

Kohlrabi Gangel Forcing White dan Wiesmour Forcing ini masa panennya sekitar 4 s/d 6 minggu setelah tanam. Adapun varietas kohlrabi lainnya yang tak kalah unggulnya antara lain yaitu :

Grand duke

Varietas kohlrabi ini merupakan varietas unggulan karena pertumbuhannya yang sangat cepat. Bentuk umbinya besar dan licin serta berwarna hijau terang.

Winner

Jenis kohlrabi ini berwarna hijau pucat. Masa panennya adalah sekitar 57 hari setelah penyemaian. Berat umbi kohlrabi ini bisa mencapai 0,6 kg dan merupakan umbi kohlrabi terberat diantara varietas lainnya.

Express forcer

Express forcer merupakan varietas kohlrabi yang cukup terkenal di benua eropa. Pertumbuhannya cukup cepat dan berwarna hijau terang. Bentuk umbinya hampir bulat penuh dan merupakan salah satu kualitas kohlrabi terbaik.

Nah semoga kamu bisa mengerti mengenai pengertian tanaman kohlrabi / sayuran kohlrabi ini ya teman. Lihat juga cara budidaya kentang & hama dan penyakit kentang :)