PENGERTIAN PETSAI

Materi Pertanian kali ini akan menjelaskan tentang pengertian petsai dan syarat tumbuh petsai.

Pengertian Petsai

Definisi petsai :

Petsai adalah tanaman semusim yang banyak ditanam di daerah pegunungan yang tingginya lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut. Nama lain petsai adalah kubis cina. Tanaman petsai jarang ditanam di daerah dataran rendah, walaupun sebenarnya bisa dilakukan. Hal ini disebabkan, di dataran rendah tanaman petsai tidak mau membentuk krop, kalaupun dapat maka kropnya kecil sekali, atau keropos.

Petsai sangat digemari oleh orang-orang Cina. Memang tanaman ini asalnya dari Tiongkok, tetapi kini telah banyak diusahakan di Indonesia dan merupakan sayuran yang penting setelah tanaman kubis, karena rasanya enak dan merupakan sumber vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Hampir semua orang senang makan petsai.

Morfologi tanaman petsai yaitu berbatang pendek hingga hampir tidak kelihatan. Daunnya bulat panjang, berbulu halus sampai tajam dan urat (tulang) daun utamanya lebar berwarna putih, rasanya lunak dan banyak mengandung air. Luas areal tanaman petsai di Indonesia berkisar 7.200 – 7.600 ha.

Syarat Tumbuh Tanaman Petsai

Syarat-syarat tumbuh petsai yang penting yaitu, tanahnya gembur dan subur. Derajat keasaman tanah (pH) sebaiknya, antara 6 — 7. Waktu menanam yang baik ialah menjelang akhir musim hujan (bulan Maret) atau pada awal musim hujan (bulan Oktober), karena tanaman ini agak tahan terhadap hujan.

Tentu saja perawatan tanaman petsai pada musim hujan lebih berat dari pada jika ditanam pada musim kemarau, karena ulat-ulat daun Plutella banyak berkeliaran pada waktu hujan rintik-rintik mulai turun.

Tanaman petsai banyak diusahakan di Cipanas (Bogor), Lembang, Pengalengan, Malang, Tosari dan lain sebagainya. Tetapi bijinya ( benih petsai ) masih selalu diimport dari luar negeri.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian petsai dan syarat tumbuh tanaman petsai. Baca juga budidaya tanaman petsai & jenis varietas petsai :)