PENGERTIAN TUMPANG SARI DAN CONTOHNYA


Pengertian Tumpang Sari dan Contohnya

Apa yang dimaksud dengan tumpang sari ? Apa arti tumpang sari ?


Pengertian tumpang sari dalam pertanian adalah penggunaan tanaman penjaga/ lindung yang tumbuhnya tinggi, bersifat sementara seperti pisang, untuk menaungi tanaman pohon-pohonan ketika masih muda. Keadaan seperti ini sering digunakan untuk membantu perkembangan tanaman coklat muda dikebun-kebun coklat di Afrika Barat.

Untuk lebih jelasnya, kita ambil contoh tumpang sari dalam tanaman pohon-pohon. Pada tanaman pohon-pohonan, tersedia waktu yang cukup panjang ketika tanaman masih muda, di mana pada saat ini masih tersedia ruangan yang cukup banyak di antara individu tanaman. Dalam usaha tani perkebunan, ruang-ruang kosong tersebut ditanami legume penutup tanah. Legume ini dapat memperkaya tanah dengan nitrogen dan mengurangi gangguan gulma, tetapi tidak mendatangkan hasil ekonomis yang dapat dijual atau dikonsumsi, kecuali kalau dipotong untuk makanan ternak. Karena alasan inilah, terkadang dipraktekkannya pola sistem tumpangsari. Salah satu jenis lanaman sela yang terbaik adalah legume.

Pada kebanyakan tanaman pohon-pohonan, tahun-tahun muda adalah masa yang paling menguntungkan untuk tumpangsari. Dalam hal tanaman karet, selama 2 – 3 tahun pertama dapat dimanfaatkan untuk tumpangsari; setelah karet tumbuh besar maka naungan terdahulu banyak untuk dapat menanam tanaman sela secara menguntungkan. Karena alasan inilah, tanaman sela yang dipilih biasanya berumur pendek seperti kacang tanah dan tebu.

Akan tetapi, jenis-jenis kelapa yang pohonnya tinggi mempunyai kondisi agak lain, ia dapat ditumpangsarikan tanaman sela permanen, seperti kopi, coklat dan beberapa pohon buah—buahan. Kelapa merupakan tanaman yang cinta cahaya, sehingga harus ditanam dengan jarak lebar untuk dapat berproduksi secara optimal (Biasanya jarak tanam untuk kelapa tipe pohon tinggi 10 m x 10 m). Oleh karena itu terdapat banyak cahaya yang dapat menembus tajuk kelapa dan memungkinkan tumpangsari dengan species yang toleran naungan. Rumput untuk penggembalaan sapi dan/atau kambing sering ditanam di bawah pohon kelapa.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian tumpang sari dan contohnya. Semoga bermanfaat. Baca juga klasifikasi dan morfologi kapas :)