SYARAT KEMASAN YANG BAIK

Syarat kemasan yang baik untuk suatu produk / syarat kemasan makanan yang baik itu seperti apa sih ?

Syarat Kemasan Yang Baik

Banyak cara dapat ditempuh dalam pembuatan kemasan produk makanan dkk. Namun, dalam penentuan kemasan yang akan digunakan, ada beberapa syarat yang perlu dipertimbangkan antara lain sebagai berikut :

Tidak ada toksin

Salah satu syarat bahan kemasan yang paling penting untuk produk makanan adalah tidak boleh mengandung zat yang dapat mengganggu kesehatan manusia.

Biaya rendah

Biasanya untuk mempertahankan produk agar dapat terjangkau oleh daya beli konsumen, pengusaha produsen menekan atau menurunkan biaya pengemasan, sampai batas tertentu tetapi kemasan masih bisa digunakan lagi. Hal ini penting karena konsumen akan melakukan pilihan terhadap produk yang sama yang ditawarkan dengan harga lebih rendah.

Harus cocok dengan bahan yang dikemas

Kesalahan dalam memilih bahan kemasan dapat berakibat sangat merugikan. Sebagai misal, salah satu jenis makanan yang seharusnya dikemas dengan kemasan yang transparan, tetapi yang dilakukan adalah sebaliknya. Sehingga untuk mengetahui isi kemasan, kita harus membuka terlebih dahulu kemasannya. Hal ini akan merusak segel dan dapat menurunkan kualitas.

Kemudahan pembuangan kemasan bekas

Kemasan bekas pada umumnya merupakan sampah dan menjadi suatu masalah dalam penanganannya. Biasanya untuk menarik minat konsumen, kemasan dibuat praktis dan dapat digunakan untuk hal lain ataupun bisa di daur ulang.

Harus menjamin sanitasi dan syarat-syarat kesehatan

Meskipun suatu bahan kemasan tidak bertoksin, akan tetapi tetap tidak akan dapat digunakan sebelum terjamin sanitasi dan kesehatannya. Syarat kemasan makanan yang baik adalah memenuhis sanitasi yang baik. Sebagai contohnya, dalam penggunaan karung, karung tersebut haruslah dibersihkan dan dicuci terlebih dahulu agar sanitasi dan syarat-syarat kesehatannya terjamin.

Kemudahan dan keamanan dalam mengeluarkan isi

Syarat kemasan harus melindungi produk di dalamnya. Isi kemasan harus dapat diambil dengan cara yang mudah dan aman. Dengan kata lain, tidak banyak produk yang terbuang, tercecer, atau tersisa di dalamnya.

Ukuran, berat, dan bentuk harus sesuai

Syarat kemasan yg baik adalah adanya kesesuaian antara ukuran, berat dan bentuk. Ukuran kemasan perlu mendapat perhatian karena berhubungan erat dengan penanganan selanjutnya, baik dalam penyimpanan, pengangkutan, maupun sebagai alat untuk menarik perhatian. Ada kalanya kemasan didesain sedemikian rupa sehingga bentuknya sangat indah dan menarik. Berat kemasan harus dibuat seringan mungkin agar energi dan biaya pengangkutan kecil.

Syarat-syarat khusus kemasan yang baik

Selain syarat-syarat kemasan produk yang baik yang telah dikemukakan di atas, masih ada lagi syarat-syarat khusus yang perlu diperhatikan. Sebagai contohnya, kemasan sayuran untuk daerah tropis syaratnya berbeda dengan kemasan untuk ekspor ke daerah yang lebih dingin (subtropis). Demikian pula untuk daerah dengan kelembapan tinggi, syaratnya berbeda dengan daerah kering. Intinya beberapa produk mungkin perlu diadakan penyesuaian & penanganan khusus.

Itulah beberapa syarat syarat kemasan yang baik yang wajib kamu ketahui. Semoga bermanfaat :) Lihat juga standar mutu tomat & standar mutu sawi.