SYARAT TUMBUH ASPARAGUS

Materi pertanian kali ini akan berfokus membahas mengenai syarat tumbus asparagus / tempat tumbuh asparagus.

Syarat Tumbuh Asparagus

Asparagus tumbuh dimana sih ? Itulah yang sering ditanyakan orang ketika ingin berbudidaya tanaman asparagus. Sebelum ke teknik budidaya tanaman asparagus atau cara budidaya tanaman asparagus, hal yang paling mendasar yang perlu kita ketahui adalah konsep teori mengenai syarat tumbuh asparagus.

Sayuran asparagus membutuhkan lahan di daerah dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 600 meter sampai 900 meter di atas permukaan laut. Mengapa harus dataran tinggi ? Karena di dataran tinggi berhawa sejuk dan pada umumnya dekat dengan sumber air sehingga jika terjadi kemarau berkepanjangan, kebutuhan air tetap terpenuhi.

Suhu yang optimal untuk pertumbuhan atau budidaya asparagus yaitu 15° s/d 25° Celcius. Curah hujan tempat penanaman asparagus sebaiknya berkisar antara 2.500 s/d 3.000 mm / tahun dengan intensitas hujan yang merata sepanjang tahun.

Tanah yang baik untuk tumbuhan asparagus adalah tanah yang agak berpasir, mempunyai sedikit liat, berdrainase bagus dan berlapis tebal seperti tanah podsolik merah kuning, andosol atau latosol. Tingkat pH tanah yang baik adalah 6 s/d 6,5.

Tanah yang telah memenuhi syarat tumbuh asparagus lalu dibersihkan dari tanaman herba dan kemudian diolah. Kemudian tanah tersebut diratakan lalu dibuat alur semacam parit dengan lebar sekitar 30 s/d 45  cm dan kedalaman sekitar 3o cm. Jarak antar parit bisa dibuat sekitar 1 meter.

Setelah alur parit selesai, barulah kita buat guludan dan membiarkan tanah tersebut mengering dengan sendirinya sekitar 2 minggu supaya kadar oksigennya tercukupi. Lalu beri pupuk kompos atau kandang supaya kandungan zat-zat organik dalam tanah tercukupi. Kita juga bisa menambahkan kapur pertanian jika tanah terlalu masam.

Nah itulah penjelasan mengenai syarat tumbuh asparagus. Semoga bermanfaat. Lihat juga jenis asparagus & jenis sayuran komersial :)