SYARAT TUMBUH BAYAM

Apa syarat tumbuh tanaman bayam merah & syarat tumbuh bayam cabut dalam teknik budidaya bayam ?

Syarat Tumbuh Bayam

Dalam budidaya tanaman bayam merah ataupun bayam cabut kita haruslah tahu terlebih dahulu mengenai syarat tumbuh bayam. Bayam dapat hidup dengan baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi dengan tempat penanaman yang tidak banyak ter­lindung oleh tanaman lain. Bayam bisa ditanam di sawah, di kebun, di tegalan ataupun di pot.

Terdapat berbagai jenis tanaman bayam, antara lain:

  • Bayam cabut. Cara memungut dengan dicabut bersama-sama batang dan akarnya. Untuk varietas bayam jenis ini bisa lihat di artikel >> jenis jenis bayam.
  • Bayam kakap. Banyak ditanam, daunnya halus dan sangat rimbun.
  • Bayam duri.
  • Bayam itik.

Bayam merupakan tanaman yang tidak terlalu sukar untuk ditanam. Adapun syarat tumbuh bayam adalah sebagai berikut :

  • pH tanah 6 s/d 7
  • Tanah gembur dan subur
  • Dataran rendah ataupun tinggi. Lebih optimal di daerah dataran tinggi dengan suhu yang dingin.

Bagaimana cara persiapan lahan bayam & pengolahan lahan bayam ?

Cara Menanam Bayam

Bayam dapat ditanam langsung di tanah bedengan yang telah diberi cukup pupuk organis. Disebar bebas atau dalam deretan de­ngan jarak antara 20 cm untuk bayam kakap dan 2 – 5 cm untuk bayam cabut.

Pemeliharaan Bayam

Setelah tanaman bayam tumbuh setinggi 5 cm perlu dipupuk dengan Urea. Dilarutkan dalam air kemudian disiramkan pada jarak 5 cm sejajar atau lurus dalam barisan tanaman yang ada.

Pemungutan Hasil

  1. Bayam kakap

Bayam kakap dipungut hasilnya dengan jalan memetik pucuknya. Dengan demikian maka pada ketiak-ketiak daun akan tumbuh tunas baru yang dapat dipetik secara berkala, setiap 5 hari sekali. Dari umur 3 minggu sampai 50 hari.

  1. Bayam cabut

Pemungutan hasil yang pertama kali dapat dilakukan setelah tanaman berumur 3 minggu. Dipilih tanaman yang sudah cukup besar, tanaman yang masih kecil dibiarkan tumbuh terus sehingga dapat dipungut untuk berikutnya.

Selanjutnya pemungutan dapat dilakukan setiap 3 hari sekali. Apabila tanaman sudah berumur 35 hari, harus dipungut semua, sebab apabila tidak, daunnya akan mengeras dengan serat-serat yang kasar sehingga kurang menye­nangkan apabila dimasak.

Nah itulah syarat-syarat tumbuh bayam. Lihat juga hama pada tanaman bayam & tabel kandungan gizi bayam :)