SYARAT TUMBUH TANAMAN CABAI LENGKAP

Artikel syarat tumbuh tanaman cabe ini akan menjelaskan beberapa syarat tumbuh tanaman cabai rawit & syarat tumbuh tanaman cabai merah.

Syarat Tumbuh Tanaman Cabai Lengkap

Cabai adalah tanaman setahun sampai beberapa lahun yang berbentuk perdu. Nama lain cabai adalah cabe atau lombok. Cabai banyak dibutuhkan oleh setiap orang sebagai bumbu dapur (rempah-rempah), yang sifatnya memberi panas atau pedas, karena minyak aetherisnya.

Sebagian orang mengatakan bahwa makanan tanpa cabe itu tidak nikmat. Selain itu buah cabai juga banyak mengandung vitamin A dan vitamin C.

Apa saja syarat tumbuh tanaman cabe rawit & syarat tumbuh tanaman cabe merah ?

Cabe baik itu cabe rawit ataupun cabe merah dapat dengan mudah ditanam di mana saja, baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi, tanpa banyak perawatan. Itulah sebabnya cabe banyak ditanam orang di pekarangan-pekarangan sampai di pinggir-pinggir tembok rumah.

Syarat-syarat yang penting untuk tumbuhnya tanaman cabe adalah tanahnya kaya akan humus (subur) dan gembur. Derajat keasaman tanah (pH) adalah antara 5 – 6.

Pada dasarnya tanaman cabe tidak tahan hujan, terutama pada waktu berbunga, karena bunga-bunganya akan mudah gugur. Jika tanahnya kebanyakan air (becek), tanaman mudah terserang penyakit layu. Kegagalan petani dalam bertanam cabe adalah karena salah perhitungan mengenai keadaan hujan.

Waktu menanam yang baik adalah pada awal musim kemarau (bulan Februari/April). Pada tempat-tempat yang beriklim kering, misalnya di Jawa Tengah, cabe dapat pula ditanam pada musim hujan, asalkan pembuangan airnya (drainase) dilakukan dengan baik.

Tempat-tempat yang banyak ditanami tanaman cabe diantaranya adalah Wates (Yogyakarta), Wonosobo, Pekalongan dan Cirebon. Luas areal tanaman lombok di Indonesia pada tahun 1961 – 1967 rata-rata 107.700 ha dan pada tahun 1969 – 1970 rata-rata 97.800 ha.

Semoga artikel syarat tumbuh tanaman cabai lengkap ini bisa bermanfaat bagi para pembaca Materi Pertanian.com

Baca juga syarat tumbuh tanaman terong & cara budidaya terong :)