SYARAT TUMBUH TANAMAN KUBIS

Syarat Tumbuh Tanaman Kubis

Apa saja syarat tumbuh kubis ?

Kubis adalah tanaman setahun atau lebih yang berbentuk perdu. Di Jawa Barat, kubis sering disebut ’’engkol” atau kol. Bentuk daunnya bulat telur sampai lonjong dan lebar-lebar seperti ’’topas”.

Hampir setiap orang ( terutama orang yang mampu ) mengenal dan menyukai kubis karena rasanya enak. Rasa daunnya segar, renyah dan sedikit pedas, apalagi bunganya (untuk kubis bunga) rasanya enak sekali. Kubis (terutama kubis putih) merupakan sumber vitamin A, vitamin B (untuk kubis bunga) dan banyak pula mengandung vitamin C (terutama pada daun-daun yang hijau).

Daun kubis dapat disayur lodeh, untuk campuran bakmi, untuk dibikin lotek, pecel, asinan dan lain sebagainya. Akan tetapi orang-orang yang sedang menderita sakit wasir (haemorrhoid) jangan terlalu banyak makan kubis karena tidak baik untuk kesehatannya. Sedangkan kubis bunga enak dibuat sop, cap-cai dan makanan-makanan cina lainnya.

Pada umumnya kubis hanya dapat ditanam dengan baik di dataran tinggi yang tingginya antara 1.000 s/d 3.000 meter di atas permukaan laut. Namun adalah juga varietas tanaman kubis yang bisa ditanam di dataran rendah (misalnya kubis putih Roem van Enkhuizen atau R.V.E. Copenhagen market, Hybrid K-Y cross dan Hybrid K-K cross).

Syarat-syarat tumbuh tanaman kubis yang terpenting adalah suhu udaranya relatif rendah (hawa sejuk) dan lembab, tanahnya gembur, sarang, banyak mengandung humus (subur) dan tingkat pH tanah antara 6 – 7. Pada umumnya tanaman kubis sulit untuk membentuk krop (telur) dan sulit untuk berbunga jika ditanam di dataran rendah (hawa panas) .

Tanaman kubis banyak memerlukan perawatan yang khusus. Walaupun demikian, di dataran tinggi orang banyak bertanam kubis / berbudidaya tanaman kubis secara besar-besaran, karena banyak keuntungannya. Waktu menanam yang baik adalah pada awal musim hujan (awai bulan Oktober) atau awal musim kemarau (bulan Maret).

Daerah-daerah yang banyak ditanam kubis di Indonesia antara lain : Cipanas, (Cianjur), Lembang, Pangalengan, Wonosobo, Tawangmangu, lengger, Tosari, Punten (Malang) dan lain sebagainya. Tetapi biji kubis ( beih kubis ) masih selalu diimport dari luar negeri.

Nah itulah beberapa syarat tumbuh tanaman kubis yang wajib kamu ketahui. Baca juga standar mutu kubis & hama dan penyakit pada tanaman kubis :)