SYARAT TUMBUH TANAMAN SAWI

Syarat Tumbuh Tanaman Sawi

Apa saja syarat tumbuh tanaman sawi hijau / putih ?

Dalam berbudidaya tanaman sawi hijau, putih dan jenis jenis varietas tanaman sawi lainnya, terlebih dahulu kita sebaiknya harus mengetahui apa saja yang menjadi syarat-syarat tumbuh tanaman sawi tersebut. Karena jika syarat tersebut tidak kita penuhi, maka tanaman sawi tersebut bisa jadi tidak akan bisa tumbuh dengan optimal.

Sawi adalah tanaman semusim yang bentuknya hampir menyerupai Toisin. Bedanya, sawi berdaun lonjong halus, tidak memiliki bulu-bulu dan tidak berkrop.

Sawi lebih banyak ditanam orang di pekarangan di dataran rendah (tidak seperti jenis varietas petsai), karena perawatannya lebih mudah. Hampir setiap orang gemar akan sawi, karena rasanya segar (enak) dan banyak mengandung vitamin A, vitamin B dan vitamin C.

Sawi dapat disayur lodeh atau dijadikan lalapan masakan. Daun sawi hijau sering dibuat asinan oleh orang-orang Cina. Sawi sangat bermanfaat dalam memperbaiki kerja buah pinggang.

Sawi dapat dengan mudah ditanam di mana saja, baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Akan tetapi yang terbanyak ditanam di dataran rendah. Pada dasarnya syarat tumbuh sawi hijau, syarat tumbuh sawi putih ataupun syarat tumbuh sawi pakcoy kurang lebih sama saja.

Syarat-syarat yang penting untuk bertanam sawi yaitu tanahnya harus gembur, banyak mengandung humus (subur) dan keadaan pembuangan airnya (drainage) baik. Derajat keasaman tanah (pH) antara 6 — 7.

Di Indonesia, tanaman ini mudah sekali berbunga, hingga penyediaan bibitnya (bijinya) tidak tergantung pada import dan petani sendiri dapat menghasilkannya.

Waktu bertanam yang baik ialah pada akhir musim hujan (bulan Maret). Walaupun demikian dapat pula ditanam pada musim kemarau, asalkan diberi air secukupnya.

Oke semoga kalian semakin paham akan syarat tumbuh tanaman sawi ini ya teman ! Baca juga cara menanam sawi yang benar & cara budidaya selada air :)