SYARAT TUMBUH TANAMAN SELADA

Syarat Tumbuh Tanaman Selada

Apa saja syarat syarat tumbuh selada / syarat tumbuh sayuran selada ?

Selada adalah tanaman setahun yang merupakan salah satu golongan tanaman yang penting. Daun-daunnya dapat membentuk krop (telur). Akan tetapi tanaman ini belum biasa dijadikan sebagai sayuran sehari-hari. Hanya dalam pesta-pesta orang memerlukan selada sebagai sayuran penyegar.

Tanaman selada ini sangat cocok ditanam di pekarangan-pekarangan rumah karena dapat dengan mudah tumbuh baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi (pegunungan) tanpa memerlukan perawatan yang khusus. Selain itu daun selada banyak sekali mengandung vitamin A, vitamin B dan vitamin C.

Di daerah pegunungan, tanaman selada dapat membentuk krop yang besar. Akan tetapi sebaliknya di dataran rendah tanaman ini hanya membentuk krop yang kecil dan tanaman lekas berbunga. Daerah-daerah yang banyak ditanami selada di antaranya kota Cipanas (Bogor), Pangalengan dan Lembang (Bandung).

Syarat-syarat yang penting untuk bertanam selada antara lain :

  • Tanah haruslah subur (banyak mengandung humus), terutama tanah-tanah yang mengandung pasir atau lumpur-lumpur
  • Suhu udara yang terbaik untuk tumbuhnya antara 15 – 20°C
  • Tingkat keasaman tanah (pH) antara 5 – 6,5
  • Waktu menanam yang baik adalah pada akhir musim hujan (bulan Maret/April). Dapat pula ditanam pada musim kemarau asalkan cukup diberi air (disiram).

Itulah beberapa syarat tumbuh tanama selada yang wajib kamu ketahui. Semoga bermanfaat ! Baca juga macam-macam jenis lettuce. :)