SYARAT TUMBUH TANAMAN WORTEL

Materi wortel ini akan menjelaskan tentang syarat tumbuh wortel.

Syarat Tumbuh Tanaman Wortel

Apa saja syarat tumbuhnya wortel ?

Wortel atau Bortel merupakan tanaman semusim yang berbentuk rumput. Ciri-ciri tanaman wortel yaitu batangnya pendek sekali, hampir tidak tampak dan akar tunggangnya berubah bentuk serta fungsinya menjadi umbi bulat panjang, langsing dan enak dimakan. Umbi wortel berwarna kuning agak kemerah-merahan, hal ini dikarenakan tanaman wortel mempunyai kadar ’’carotene” (bahan pembentuk vitamin A atau provitamin A) yang sangat tinggi.

Mayoritas masyarakat Indonesia menyukai umbi wortel karena rasanya yang enak, gurih, renyah dan sedikit manis. Selain itu, wortel merupakan sumber utama dari vitamin A dan banyak mengandung vitamin B serta vitamin C.

Mayoritas jenis wortel dapat dengan mudah ditanam di tempat-tempat yang tingginya lebih dari 500 meter di atas permukaan laut. Daerah yang disarankan untuk di tanami wortel agar pertumbuhannya optimal adalah daerah pegunungan yaitu pada tanah dengan ketinggian 1.200 m. Tanaman wortel tidak memerlukan banyak perawatan. Luas areal tanaman wortel di Indonesia saat ini berkisar antara 1500 – 2000 ha.

Syarat-syarat yang penting untuk tumbuhnya tanaman wortel yaitu : tanahnya harus subur (banyak mengandung humus) dan gembur. Derajat keasaman tanah (pH) antara 5 % – 6,5. Keadaan struktur dan fisik tanah sangat berpengaruh terhadap pembentukan umbi wortel. Pada tanah-tanah yang terlalu asam (pH kurang dari 5) tanaman wortel akan sulit membentuk umbi.

Itulah beberapa syarat tumbuh tanaman wortel yang wajib kamu ketahui. Semoga bermanfaat ! Baca juga cara budidaya tanaman wortel yang baik dan benar :)