VARIETAS TANAMAN KUBIS

Artikel jenis jenis kubis ini berisi penjelasan jenis varietas tanaman kubis & deskripsi varietas kubis.

Varietas Tanaman Kubis

Apa saja macam-macam varietas kubis & varietas unggul tanaman kubis ?

Kubis adalah tanaman sayuran yang termasuk ke dalam famili Brassicaceae. Nama latin kubis adalah Brassica oleracea L. Kubis lebih dikenal dengan sebutan Cruciferae. Macam varietas tanaman kubispun cukup banyak jenisnya. Beberapa varietas unggul kubis antara lain sebagai berikut :

Kubis Krop

Kubis krop (telur) juga dikenal dengan istilah kubis putih dengan nama latin Brassica oleracea L. var capitata L. Kubis ini daun-daunnya dapat membentuk krop (menutup satu sama lain), hingga warnanya menjadi putih.

Yang termasuk ke dalam jenis varietas kubis krop di antaranya adalah : varietas-varietas hybrid K-K cross, K-Y cross, hybrid 21, R.v.E., Yoshin, Pujon, Segon, Copenhagen Market, Kubis merah dan Iain-lain.

Kubis ini diperbanyak dengan biji, yang umumnya dihasilkan di luar negeri, kecuali Kubis Yoshin dan Pujon yang dihasilkan di dalam negeri, karena di Indonesia macam kubis R.v.E. ini tidak dapat berbunga. Demikian pula kubis Argalingga,Wonosobo, dan lain-lain di Indonesia sulit berbunga, hingga macam kubis ini diperbanyak dengan stek tunas-tunasnya.

Kubis Umbi

Kubis berumbi (Brassica oleracea L. var. gongyloides L) ini pada bagian dasar batangnya di bawah tanah atau di atas tanah perlahan-lahan membesar hingga menjadi umbi besar. Yang termasuh jenis varietas kubis umbi di antaranya adakah Kohlrabi.

Kubis Daun

Kubis daun sering kali disebut dengan kubis kampung. Nama latinnya Brassica oleracea L. var. acephala D. Yang termasuk ke dalam jenis kubis daun adalah semua jenis tanaman berbagai kale & kailan.

Kubis Tunas

Kubis tunas atau yang sering disebut dengan kubis babat ini biasanya dapat membentuk krop juga, demikian pula tunas-tunas sampingnya dapat membentuk krop kecil, hingga dalam satu pohon terdapat beberapa krop kecil. Contoh varietas kubis tunas di antaranya adalah Brusselssprout (Brassica oleracea gemmifera DC). Kubis ini dapat diperbanyak dengan tunas atau biji.

Kubis Bunga

Nama latin kubis bunga adalah Brassica oleracea L. var. botrytis L. Jenis kubis ini bakal bunganya mengembang, hingga menjadi telur yang berbentuk kerucut dan berwarna putih kekuning-kuningan. Tanaman ini diperbanyak dengan biji dari hasil petani sendiri dan hanya baik ditanam di tempat-tempat yang tingginya lebih dari 800 m dari permukaan laut, dengan udara sedikit kering. Kubis bunga ini sangat peka terhadap pH rendah, hingga tumbuhnya menjadi kerdil dan bunganya kecil.

Jenis kubis yang disebutkan diatas mayoritas merupakan jenis varietas kubis dataran rendah. Karena jenis kubis tersebut bisa ditanam di ketinggian 200 dpl.

Dari kelima jenis kubis yang disebutkan di atas, yang mempunyai nilai perdagangan yang tinggi hanya kubis putih (RvE, K-K cross, K-Y cross, Osena, hybrid 21) dan kubis bunga (varietas Early Patna).

Kubis dalam negeri (Pujon, Segon dan lain-lain) dan kubis daun seperti Argalingga dan Wonosobo, harganya jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan kol putih seperti RvE. Hal ini disebabkan kubis RvE mempunyai krop yang besar, padat (kompak) hingga tahan bantingan untuk dikirim jauh. Hanya jeleknya kubis ini (RvE) peka terhadap penyakit busuk hitam, hingga petani sering mengalami kegagalan.

Nah itulah beberapa macam jenis varietas tanaman tanaman kubis yang perlu kamu ketahui. Lihat juga cara budidaya kembang kol & syarat tumbuh kembang kol :)